Rabu, 24 April 2024

Surabaya Juang Tampilkan Pertempuran 10 November

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Teaterikal pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945 digelar dalam parade Surabaya Juang. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Pelaksanaan parade Surabaya Juang dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Minggu (8/11/2015) mendatang dijadwalkan diwarnai dengan teaterikal pertempuran heroik 10 November 1945 di Kota Surabaya.

Heri Lentho operator parade Surabaya Juang menyampaikan bahwa kegiatan kali ini didukung ribuan pemain yang akan melakukan beberapa kegiatan satu di antaranya adalah atraksi teaterikal pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang dianggap dunia sebagai pertempuran paling mematikan.

“Karena keterlibatan seluruh rakyat Indonesia termasuk mereka para pejuang, Arek-arek Suroboyo yang tidak ingin kemerdekaannya dirampas kembali oleh Sekutu. Itu juga yang nanti akan kami tampilkan. Teaterikal pertempuran 10 November,” terang Heri Lentho.

Kawasan sekitar Jl. Tunjungan, lanjut Heri akan disulap sedemikian rupa menjadi sebuah kawasan perang yang nantinya memang akan menjadi semacam pentas permainan teaterikal para anak muda dari berbagai komunitas di Surabaya maupun luar Surabaya.

Selain masyarakat bisa menyaksikan parade pada titik-titik lintasan parade bergerak mulai dari Tugu Pahlawan hingga halaman Balai Kota Surabaya, akan ditampilkan teaterikal pertempuran 10 November antara pejuang, Arek-arek Suroboyo melawan Sekutu.

“Kami terus melakukan persiapan-persiapan. Parade dari Tugu Pahlawan akan terus bergerak menuju halaman Bali Kota Surabaya, dan pada titik tertentu ditampilkan aksi teaterikal yang melibatkan ratusan pemain menggelar pertempuran 10 November,” pungkas Heri Lentho pada suarasurabaya.net, Senin (2/11/2015).

Surabaya Juang merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan 10 November yang juga diiisi dengan Sekolah Kebangsaan, Heroic Track dan nantinya akan dipuncaki dengan parade Surabaya Juang yang dilaksanakan pada Minggu (8/11/2015) mulai sekitar pukul 14.00 WIB dengan start Tugu Pahlawan, Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
30o
Kurs