Minggu, 16 Juni 2024

Tahap Awal Angkutan Massal Cepat Surabaya Rampung

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: wikipedia

Tahap awal pembangunan transportasi massal di Kota Surabaya telah disetujui Kementrian Perhubungan. Saat ini Dinas Perhubungan juga telah melakukan studi dan sosialisasi serta rapat koordinasi ke lembaga terkait.

Demikian kata Tunjung Iswandaru Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Surabaya, dia menjelaskan skenario penataan atau implementasi angkutan massal cepat.

“Trem akan dibangun untuk menghubungkan utara dan selatan Kota Surabaya, sedangkan barat dan timur dengan monorel. 123 Milyar rupiah telah dianggarkan untuk membangun dua angkutan massal ini,” jelasnya pada Radio Suara Surabaya, Senin (9/2/2015).

Tunjung menjelaskan nantinya Angkutan Kota akan diubah menjadi Feeder sedangkan Bus Kota akan diubah menjadi Trans. Feeder dan Trans bertugas menjadi angkutan pendamping bagi trem dan monorel. Serta akan ada perubahan rute Angkutan Kota yang nantinya 58 rute diubah menjadi 44 rute.

Untuk Feeder, nantinya eksesbilitas Feeder harus sampai mendekati tempat tinggal calon penumpang. Kondisi Feeder harus nyaman, aman, terjadwal dengan baik, ber-AC dan tidak ngetem. Sistem setoran bagi Feeder juga akan dihapuskan.

Mengenai tarif akan disesuaikan dengan jarak dan paket yang dipilih oleh calon penumpag.(iss/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
31o
Kurs