Jumat, 29 Maret 2024

Tarawih Pertama, Puluhan Ribu Jamaah Padati Masjid Agung Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ceramah agama sebelum Salat Tarawih pertama Bulan Ramadhan 1436 H di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Rabu (17/6/2015). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Sekitar 10 ribu jamaah memadati Masjid Nasional Al Akbar Surabaya untuk melaksanakan Salat Tarawih pertama pada Bulan Ramadhan 1436 H, Rabu (17/6/2015).

Pantauan suarasurabaya.net, puluhan ribu jamaah ini datang dari pintu utara dengan mengendarai sepeda motor. Antrean jamaah menuju area parkir dalam masjid cukup panjang.

Helmi M Nur Kabag Humas Masjid Al Akbar Surabaya mengatakan, memang ada sekitar 10 ribu jamaah, ini sesuai dengan kapasitas ruang tengah. “Tapi, biasanya tetap meluber ke bagian sayap masjid karena jamaah perempuan biasanya lebih banyak,” ujarnya kepada suarasurabaya.net

Demi kelancaran lalu lintas selama Bulan Ramadhan, pihak Masjid Al Akbar telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

“Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya termasuk mengenai arus lalu lintas di depan masjid yang biasanya dua arah, kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan rekasaya lalulintas dengan memberlakukan satu arah selama bulan Ramdahan,” katanya.

Mengenai trend jamaah, Helmi mengatakan akan selalu naik hingga hari kesepuluh. “Terutama jumlah jamaah akan berlipat setiap akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu,” ujarnya.

Sedangkan mengenai rangkaian kegiatan di bulan Ramadan, Helmi menjelaskan, ada berbagai kegiatan. Salah satunya adalah kajian rohani setelah salat.

“Sedangkan untuk kegiatan mingguan, ada ngaji internet. Ini jamaah menggunakan internet untuk belajar fiqih, tafsir. Termasuk ustadnya juga paham internet,” kata Helmi.

Sedangkan kegiatan sosial rutin yang dilakukan setiap bulan Ramadana adalah membagikan takjil gratis kepada jamaah saat sebelum adzan maghrib.

Sedangkan untuk Bazar Ramadhan yang merupakan rangkaian Festival Ramadhan setiap hari akan berlangsung mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Festival Ramadan kali ini telah dibuka pada pukul 16.00 WIB. Pembukaan tersebut dihadiri oleh Syaifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim serta beberapa pejabat lain. (den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs