Selasa, 7 Mei 2024

Tawarkan Batu Akik Untuk Kekebalan Tubuh, Paranormal Palsu Ditangkap Polisi

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Tiga tersangka yang ditangkap polisi, Karena melakukan penipuan. Dua tersangka yang diapit anggota polsek wonokromo, satu tersangka menggunakan baju pocong. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Tiga sindikat paranormal palsu, berhasil ditangkap anggota Polsek Wonokromo di Jalan Raya Ngagel, Kecamatan Wonokromo. Mereka yakni Budiono, warga Simogunung Barat, Fandi Setiawan dan Agus Suliswanto, warga Dupak Bangunsari.

Kompol Muhammad Purbaya Kapolsek Wonokromo mengatakan penangkapan ketiga tersangka berdasarkan laporan dari Nanang Ariyanto, karyawan rumah makan di jalan Raya Manyar, sebagai korban penipuan. Korban melaporkan, jika dirinya telah ditipu oleh Budiono, Fandi Setiawan dan Suliswanto, setelah membeli jimat jenis keris dan batu akik, untuk kekebalan tubuh.

“Penipuan yang dilakukan tersangka, dengan mengambil batu akik lalu menaruhnya di dalam air, kemudian airnya diminum oleh korban. Ternayata air itu tidak terbukti khasiatnya kalau untuk kekebalan tubuh,” kata Kompol Muhammad Purbaya, kepada wartawan, Senin (6/4/2015).

Purbaya mengaku, untuk mencari perhatian agar bisa melakukan penipuan, ketiga tersangka melakukan pertunjukan sulap mistik, berupa pocong. Dalam pertunjukannya, pocong yang digunakan akan bisa digerakan dengan benda yang dimilikinya berupa keris dan juga batu akik. Pertunjukan itu ternyata menarik perhatian banyak orang.

“Benda-benda yang dijual, menurut tersangka bisa menolak balak atau seperti santet. Kebetulan korban membeli jimatnya (batu akik), saat dicoba ternyata ilmu kebalnya tidak terbukti. Kemudian korban lapor dan langsung kita tangkap,” ujarnya.

Karena terbukti melakukan penipuan, polisi menjerat tiga tersangka dengan pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (bry/wak)

Teks Foto:
– Kompol Muhammad Purbaya Kapolsek Wonokromo menunjukkan barang bukti dan tersangka.
Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs