Sabtu, 4 Mei 2024

Ternyata, Bentuk Mata Binatang Bedakan Predator dan Mangsa

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Mengapa bentuk mata binatang berbeda-beda? Beberapa binatang, seperti kambing, punya pupil berbentuk horizontal dan yang lainnya vertikal seperti ular derik dan kucing rumahan. Itu adalah pertanyaan yang sudah lama membuat penasaran para peneliti.

New York Times melansir, sebuah studi terhadap 214 spesies dipublikasikan di jurnal Science Advances, mengemukakan jawabannya mungkin sangat kuat berhubungan dengan cara bertahan hidup binatang.

Pupil binatang yang vertikal atau berbentuk lingkaran membantu predator tertentu berburu, sementara pupil horizontal membantu spesies lain mengenali predator dari kejauhan.

Riset yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Universitas California, Berkeley, dan Universitas Durham di Inggris itu mencoba menggunakan model berbasis komputer untuk mata domba guna mendukung teori mengapa bentuk pupil horizontal, vertikal, dan bulat bisa menguntungkan binatang.

Model pupil horizontal, membuat cahaya lebih banyak ditangkap dari kiri dan kanan mata, dan kurang dari atas-bawah, tidak mengejutkan. Hal itu memungkinkan binatang pemakan rumput mendeteksi lebih baik predator yang mendekat dari arah yang berbeda, kata peneliti seperti dilansir Antara, Sabtu (8/8/2015).

“Orang mengatakan pupil horizontal membantu meluaskan pandangan horizontal dari permukaan tanah, mereka tidak hanya menunjukkan hal itu. Kontribusi kami adalah membangun model dan menunjukkan apa yang terjadi, kata Martin S, Banks, ilmuwan visual dari Berkeley yang merupakan pemimpin penelitian. (ant/iss/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs