Senin, 20 Mei 2024

Terobos Palang Pintu, Kijang Innova Ditabrak Kereta di Jember, 5 Tewas

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Kondisi Mobil Innova nopol B 1487 SKQ setelah kecelakaan di perlintasan pintu kereta api Kali Wates depan pertokoan Roxy di Jember, Minggu (16/8/2015) WIB. Foto: Rakhma Tuti via Facebook e100

Kereta Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi menabrak Kijang Innova bernopol B 1487 SKQ di perlintasan pintu kereta api Kali Wates depan pertokoan Roxy di Jember, Minggu (16/8/2015) WIB. Lima dari tujuh orang yang berada di dalam mobil tersebut meninggal dunia di tempat.

“Tabrakan terjadi jam 09.00 pagi tepat. 5 orang meninggal dunia, sementara 2 orang lainnya luka berat. Jenazah ke 5 nya dan 2 orang luka berat sudah dievakuasi di Rumah Sakit Jember Klinik. Namun mobil innovanya masih ada di sekitar lokasi kejadian,” kata AKBP Sabilul Alif Kapolres Jember pada Radio Suara Surabaya.

Mengenai kronologi kejadian, AKBP Sabilul menjelaskan bahwa mobil Kijang Innova tersebut melaju dari arah utara menerobos palang pintu yang ada di perlintasan kereta api. Saat mobil berada di tengah, kereta api Probowangi dari arah Surabaya juga melaju kencang lalu menabrak mobil dengan 7 penumpang tersebut.

“Mobil sampai terseret sekitar 500 meter saat tabrakan terjadi. Rombongan ini berasal dari Jombang yang ingin melayat salah satu keluarganya yang berada di Jember. Namun untuk identitas masih kami gali lebih lanjut. Saat ini kami juga melakukan pemeriksaan terhadap petugas palang pintu,” kata dia.

Menurut AKBP Sabilul, palang pintu yang ada di perlintasan kereta api Kali Wates tersebut tidak berasal dari PT KAI. Namun palang pintu tersebut dibuat dari hasil swadaya masyarakat.

AKBP Sabilul mengatakan rute kereta api di Jember tetap normal setelah kejadian ini. “TKP sudah clear, sudah ada 2 kereta api yang melintas setelah tabrakan terjadi,” ujarnya. (dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
31o
Kurs