Kamis, 16 Mei 2024

Tersandung Besi Pengait, ABK Ini Tercebur ke Laut

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
KM Segara Anak 2 saat bersandar di dermaga terminal mirah pelabuhan tanjung perak. Foto : Istimewa

Anak buah kapal (ABK) KM Segara Anak 2 yang diketahui bernama Seno Haryono (35) warga Tulungagung tercebur ke laut saat kapal bersandar di dermaga Terminal Mirah Pelabuhan Tanjung Perak, Minggu (10/5/2015) malam.

Mualim 1 ini diduga tersandung besi pengait tali penambat kapal di dermaga Terminal Mirah, sekitar pukul 22.00 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun suarasurabaya.net, peristiwa tersebut berawal saat korban usai mengantarkan Kapten Hendrik Letbang Lambe dari gudang penyimpanan pupuk di Terminal Mirah. Saat hendak meloncat ke kapal, Haryno tersandung dan terperosok diantara kapal dan dermaga.

“Saya mendengar dung dan byur. Saya pikir ada barang jatuh. Tapi ada sandal dan dokumen kapal terjatuh di laut. Tidak lama kemudian dari kejauhan ada ABK teriak Chief jatuh,” kata Ali Maki seorang kernet truk.

Mengetahui peristiwa tersebut, ABK KM Segara Anak 2 tersebut melaporkan petugas Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan petugas siaga rescue boat (RB) Syahbandar Utama Tanjung Perak.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim SAR Basarnas Tanjung Perak dan KPLP Tanjung Perak melakukan penyisiran di sekitar tempat kejadian. Namun beberapa jam pencarian tim SAR belum menemukan ABK yang tercebur ke laut.

Kasus ini, ditangani oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Kapten dan ABK KM Segara Anak 2 dimintai keterangannya oleh penyidik Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Sementara itu, AKP Lily Djafar Kasubbag Humas Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengatakan hingga saat ini ABK yang tercebur ke laut masih belum ditemukan. Tim SAR Basarnas Tanjung Perak dan KPLP Tanjung Perak masih berkoordinasi untuk melakukan upaya pencarian lanjutan.

“Belum dilakukan penyelaman, karena mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya masalah arus laut,” kata AKP Lily kepada suarasurabaya.net, Senin (11/5/2015).

Dia menambahkan, diperkirakan posisi ABK yang tercebur tidak lagi berada dii titik awal. Karena arus laut yang cukup kencang, diperkirakan posisi ABK sudah begeser. “Kami juga masih bekoordinasi dengan tim SAR. Jika nanti dilanjutkan lagi pencarian, tidak lagi lagi di titik awal, karena arusnya cukup besar,” ujarnya. (wak/dwi)

Teks Foto :
– ABK KM Segara Anak 2 saat mencoba mencari Haryono ABK kapal yang tercebur.
Foto : Wakhid Muqodam suarasurabaya.net

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs