Minggu, 12 Mei 2024

Tiap Lima Menit, 50 Mobil Keluarga Menyeberang ke Bali

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Antrean kendaraan di Ketapang, Banyuwangi. Foto : Antara

Urai kepadatan kendaraan yang hendak menyeberangan ke Bali, PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) buka empat dermaga yang ada di Ketapang, Banyuwangi. Ipda Ardi, Kepala Unit Patroli Satuan Lalu Lintas Polres Banyuwangi mengatakan, beroperasinya empat dermaga menjadikan antrian kendaraan pada Kamis (24/12/2015) sore berangsur bisa terurai

“Saat ini tiap lima menit sekali ada 50 kendaraan yang bisa kami masukkan ke area parkir dermaga untuk segera diangkut kapal,” kata Ipda Ardi ketika berbincang dengan Radio Suara Surabaya.

Menurut Ardi, ekor kepadatan lalu lintas pada hari ini sempat terpantau hingga sejauh 10 km dari pelabuhan. Namun untuk sore ini, antrean berangsur menyusut dan saat ini diperkirakan antrean hanya 3 km.

Berbagai rekayasa lalu lintas juga telah dilakukan untuk mengurai kepadatan diantaranya adalah dengan memanfaatkan kantong-kantong parkir yang ada di sekitar dermaga. Dengan pemanfaatan kantong-kantong parkir ini maka kendaraan yang mengantri diharapkan tak sampai menggangu arus lalu lintas di kawasan itu.

Selain itu, petugas juga mengarahkan kendaraan pribadi untuk bisa masuk ke dermaga kendaraan berat. “Namun memang tidak semua pemilik kendaraan pribadi bersedia, padahal ini sebenarnya sangat membantu,” kata Ardi.

Sementara itu untuk mempercepat antrean kendaraan yang hendak menyeberang ke Bali, pihak ASDP juga telah menerjunkan sebanyak 32 kapal. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
26o
Kurs