Jumat, 3 Mei 2024

Tim Terpadu Sidak Penjual Buah, Cegah Penyebaran Apel Berbakteri

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Eka Setyabudi Kepala Seksi Pengawasan Barang Beredar dan Perlindungan Konsumen Disperindag Jatim saat melakukan sidak di Hokky Jl. Panglima Sudirman, Surabaya. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Menyusul informasi dua jenis apel import asal California yang mengandung bakteri Listeria masuk ke pasar Jatim, tim terpadu yang terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim dan Dinas Pertanian Jatim melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna mencegah peredaran buah tersebut dipasaran.

Dua jenis buah apel yang menjadi sasaran sidak yaitu jenis Granny Smith dan Gala yang sempat beredar di Jawa Timur.

Tim terpadu tidak hanya melakukan sidak di Surabaya, melainkan di sejumlah kota/kabupaten lainnya seperti Sidoarjo, Kediri, Malang, Madiun dan beberapa derah lainnya. Di Surabaya misalnya, tim terpadu melakukan sidak di Hokky, Superindo, Aneka buah, laris manis, dan lainnya.

Eka Setyabudi Kepala Seksi Pengawasan Barang Beredar dan Perlindungan Konsumen Disperindag Jatim mengatakan, pihaknya bersama Dinas Pertanian Jatim telah melakukan sidak kesejumlah pasar modern dan distributor buah import yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Ini dilakukan untuk memastikan jika dua jenis apel import asal california tersebut, sudah tidak beredar di pasar Jatim.

“Sejak kemarin kami sudah melakukan sidak ke sejumlah pasar modern maupun tradisional, termasuk distributor buah import,” kata Eka kepada suarasurabaya.net, Rabu (28/1/2015) saat sidak di Hokky Jl Panglima Sudirman, Surabaya.

Dia menambahkan, saat melakukan sidak pihaknya tidak menemukan Apel import jenis Granny Smith dan Gala yang dijual di pasar modern maupun distributor buah import.

Meski demikian, saat memeriksa distributor buah import, tidak dipungkiri jika apel jenis Granny Smith telah masuk sejak Oktober 2014 dan sudah sempat beredar di Jatim.

“Kami tidak menemukan dua jenis apel import yang diduga mengandung bakteri Listeria itu dijual. Semua sudah diturunkan,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat sidak pihaknya tidak hanya memberikan imbauan kepada penjual maupun distributor buah, melainkan pembeli, dan sejumlah penjual jus buah juga diberikan informasi terkait adanya dugaan apel jenis Granny Smith dan Gala tercemar bakteri.

Pihaknya juga melakukan sidak di pasar-pasar tradisional, karena dimungkinkan dua jenis apel import asal California tersebut sudah beredar disana.

“Kami sudah memberikan imbauan, kalau nanti masih ada yang nekat menjual tentunya akan kami kenakan sanksi,” kata Eka. (wak/rst)

Teks Foto:
– Eka Setyabudi Kepala Seksi Pengawasan Barang Beredar dan Perlindungan Konsumen Disperindag Jatim saat melakukan sidak di Hokky Jl. Panglima Sudirman, Surabaya.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs