Sabtu, 4 Mei 2024

Try Out, Disetting Persis UN Online

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelaksanaan try out UN 2014 lalu di SMKN 1 Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pelaksanaan uji coba atau try out Ujian Nasional (UN) online 2015, Rabu (11/3/2015) di sejumlah sekolah di Kota Surabaya disetting sedemikian rupa menyerupai pelaksanaan Ujian Nasional sesungguhnya. Termasuk untuk ruang kelas.

“Ketentuan yang diberlakukan bagi siswa juga seperti yang dianjurkan saat pelaksanaan Ujian Nasional online nanti. Seluruh ketentuan pelaksanaan try out ini, termasuk setting ruang kelas juga sesuai ketentuan,” terang Dra. Hj. Muntiani Kepala SMAN 14 Surabaya.

Larangan terlambat hadir, serta ketentuan menempati bangku sesuai dengan nomor ujian masing-masing, pada try out kali ini di SMAN 14 Surabaya, masih terjadi. Siswa yang terlambat dan keliru menempati bangku ujian langsung mendapat arahan dari guru sekolah.

Termasuk kepada siswa yang tidak berkonsentrasi menghadapi layar komputer atau laptop yang tersedia di bangku masing-masing, langsung ditegur guru pengawas. “Mereka memang harus disiplin dan tidak boleh melanggar,” tambah Muntiani.

Dengan setting yang menyerupai pelaksanaan Ujian Nasional online pada awal April 2015 mendatang, kepada seluruh siswa diharapkan mampu beradaptasi dan dapat mengerjakan soal ujian dengan lebih leluasa dan tenang.

Pengawasan ketat dari para pengawas try out Ujian Nasional online di SMAN 14 Surabaya, diikuti seluruh siswa kelas XII yang sehari sebelumnya baru saja merampungkan ujian sekolah. “Setelah try out ini kami kembali berikan arahan pada siswa agar serius dan tidak main-main saat pelaksanaan UN online,” tukas Muntiani.

Sementara itu, Fitria satu di antara siswa kelas XII yang mengikuti try out ujian nasional online mengaku grogi saat pertama melihat soal-oal ujian di layar laptop. “Tapi selanjutnya biasa saja. Awalnya grogi memang. Dari SD, ujian sekolah manual kan? Pake kertas?. Ini pertama kali,” ujar Fitria saat ditemui suarasurabaya.net, Rabu (11/3/2015).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs