Senin, 13 Mei 2024

Tuntas Tahap Pertama, Rusunawa Romokalisari Siap Huni

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rusunawa Romokalisari. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Romokalisari yang selesai dibangun pada tahap awal telah siap dihuni. Mulai pekan depan, warga Kecamatan Tandes dan sekitarnya yang telah mendaftar bisa menempati Rusunawa Romokalisari.

Bangunan lima lantai tersebut akan diresmikan oleh Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, Senin (21/9/2015) depan. Pada peresmian itu, akan dilaksanakan penyerahan kunci secara simbolis kepada warga yang akan menghuni Rusunawa tersebut.

Agus Suprio Kepala Bidang Pengelolaan Bangunan dan Tanah Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) Kota Surabaya mengatakan Rusunawa Romokalisari memiliki 10 blok yang dibangun secara bertahap.

Tahap pertama ini telah dibangun empat blok dan siap dihuni. Pada tahap kedua nanti juga akan dibangun empat blok, hingga pada tahap terakhir dibangun dua blok.

“Untuk tahap awal ini kita lakukan kepehunian empat blok berjumlah 196 unit. Untuk blok lainnya segera menyusul. Senin nanti secara simbolis akan diberikan kunci kepada perwakilan kepala keluarga yang akan menempatinya,” ujar Agus kepada wartawan, Jumat (18/9/2015).

Agus menjelaskan, warga yang menempati diutamakan para nelayan dan warga sekitar Romokalisari. Ada seleksi terhadap warga yang sudah mendaftar huni ke DPBT sejak tahun 2009 lalu.

Mereka yang masuk sebagai penghuni tahap awal ini merupakan pendaftar pada 2009 dan 2010, antara lain dari Kecamatan Tandes, Sukomanunggal, Benowo, dan Kenjeran.

“Jadi antrenya sesuai urutan dan kita fokus pada nelayan sekitar Rusunawa,” kata Agus.

Secara fisik, Agus menyebut kamar di Rusunawa Romokalisari lebih mirip dengan flat. Ada ruang tamu, kamar tidur, dapur, plus kamar mandi tertutup.

Ini berbeda dengan bangunan Rusun lainnya yang kebanyakan diplot terbuka sehingga kemudian dipetak sendiri oleh penghuninya.

Selain listrik, rencanana PDAM juga segera masuk ke rusunawa.

Agus juga menyebutkan, nantinya DPBT bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk membangun taman dan tempat bermain anak dari sisa tanah yang ada.

Biaya sewa Rusunawa Romokalisari diklaim terjangkau. Untuk lantai 2 biaya sewanya Rp53 ribu per bulan. Untuk lantai 3 biaya sewanya Rp48 ribu per bulan. Lantai 5 biaya sewanya Rp43 ribu, dan untuk lantai V biaya sewanya Rp39 ribu.

Agus menjlaskan, lantai 1 memang tidak disewakan karena akan dimanfaatkan untuk fasilitas umum. Hanya tersedia dua unit di lantai itu untuk warga berkebutuhan khusus. (den/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
30o
Kurs