Sabtu, 18 Mei 2024

Umat Ekspatriat Ikuti Misa Natal di Gereja Redemptor Mundi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Umat keluarga ekspatriat yang mengikuti misa Natal di Gereja Redemptor Mundi menerima roti ekaristi (hosti) dari asisten imam, Jumat (25/12/2015). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Gereja Redemptor Mundi di Dukuh Kupang dipadati oleh ribuan umat kristiani yang merayakan natal sejak kemarin Kamis (24/12/2015) malam. Rangkaian misa Natal 2015 masih berlangsung hingga Jumat (25/12/2015) siang ini.

Pada misa bahasa Inggris yang dipimpin oleh Romo Seto asal Filipina, asisten imam membagikan roti ekaristi kepada jemaat di pintu timur gereja.

Tampak diantara jemaat, beberapa umat keluarga ekspatriat yang mengikuti misa dengan khidmat, menerima roti ekaristi (hosti) dari asisten imam.

Pada perayaan Natal tahun 2015 ini, Gereja Redemptor Mundi mengangkat tema Hidup Bersama dengan Keluarga Allah.

Makna hidup bersama, kata Andreas Kurniawan OP, Romo Kepala Paroki Gereja Redemptor Mundi adalah harmoni dan kedamaian dalam hubungan sesama umat manusia.

Romo Andre berharap, pada Natal tahun ini, semua orang diliputi kebahagiaan dan kesejahteraan.

“Dengan begitu semua orang di akhir tahun ini bisa melihat tahun ke depan dengan sukacita,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Jumat (25/12/2015).

Andre mengatakan, tema hidup bersama merujuk pada terjalinnya hubungan keluarga antar sesama umat manusia.

“Keluarga yang tidak mengenal siapa, apa statusnya, apa agamanya, apa situasi ekonominya. Hanya ada satu tujuan: kebahagiaan di bumi dan akhirat,” katanya.

Untuk itu, Gereja Redemptor Mundi berupaya menyentuh semua kelompok masyarakat

Beberapa dari kegiatan menyapa umat oleh gereja yang resmi berdiri pada tahun 1992 ini adalah menyapa orang-orang di penjara, umat-umat yang sakit dan lansia.

“Menyiapkan hadiah, sapaan dan doa untuk mereka,” ujar Romo Andre.

Tak ketinggalan, perayaan natal ini juga melibatkan pemuda-pemudi dan anak-anak dalam kegiatan bazar.

Ada kurang lebih 34 stan bazar di dalam gereja, turut memeriahkan suasana sukacita natal kali ini, dengan tema Holly Jolly.

Romo Andre berharap, semua kelompok umat bisa merasakan sukacita Natal 2015. “Agar setiap umat bisa merasakan kehadiran tuhan di dalam kehidupan,” katanya. (den/dwi)

Teks Foto:
– Suasana Misa Malam Natal, Kamis (24/12/2015) di Gereja Redemptor Mundi.
Foto: Istimewa

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs