Sabtu, 26 September 2020

Umat Katolik Masuki Tri Suci Paskah 2015

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Romo membasuh kaki umat sebagai simbolisasi pelayanan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Mulai Kamis (2/4/2015) ribuan umat Katolik di Kota Surabaya memasuki Tri Suci Paskah 2015. Kamis Putih, Jumat Agung dan Minggu Paskah.

“Kamis (2/4/2015) umat Katolik mempersiapan diri dalam persembahyangan Kamis Putih. Dan pada Jumat besok adalah Jumat Agung, kemudian puncaknya adalah Sabtu Suci atau Minggu Paskah. Inilah Tri Suci Paskah itu,” terang Romo Sigit Tridiyanto CM.

Kamis Putih adalah bukti penyerahan cinta kepada manusia, yang dirupakan dalam bentuk melayani manusia sepenuhnya. Oleh karena itu, Kamis Putih seringkali dianggap sebagai bagian dari Tri Suci Paskah.

Romo Sigit menambahkan bahwa melayani adalah sikap kepasrahan seperti yang dicontohkan oleh Yesus kepada murid-muridnya sebelum wafat di Kayu Salib untuk menebus dosa manusia.

“Yesus memberikan contoh untuk menjadi pelayan umat dengan satu diantaranya adalah membasuh kaki para muridnya. Dan itu juga yang menandai misa Kamis Putih disetiap gereja Katolik,” tukas Romo Sigit Tridiyanto CM pada suarasurabaya.net. (tok/dop/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Sabtu, 26 September 2020
34o
Kurs