Selasa, 30 April 2024

Umat Khonghucu Mulai Persiapkan Imlek 2566

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana klenteng Hong San Ko Tee Jl. HOS Cokroaminoto, Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meski masih belum terlihat semarak, 3 pekan menjelang perayaan Imlek 2566, Kamis (29/1/2015) ini, umat Khonghucu di Kota Surabaya mulai terlihat melakukan persiapan-persiapan untuk persembahyangan menyambut perayaan Imlek 2566.

”Biasanya memang didahului dengan beberapa kegiatan. Mulai dari persembahyangan bersama, membersihkan patung dewa-dewa, sampai dengan ritual Ci Suak sebelum Imlek dirayakan. Hari-hari ini memang mulai kami persiapkan,” ujar Yuliani pengurus Klenteng Hong San Ko Tee Jl. HOS Cokroaminoto, Surabaya.

Bersama dengan sejumlah teman sejawat pemeluk Khonghucu dan pengurus klenteng, Yuliani mengaku sudah menggelar pertemuan, untuk pelaksanaan persembahyangan Imlek 2566 mendatang.

“Kami umumkan kepada umat. Yang terdekat nanti 11 Pebruari 2015 mendatang ada sembahyang bersama untuk memulai persiapan perayaan Imlek 2566. Biasanya sebelum sembahyang kami informasikan pada umat,” lanjut Yuliani pada suarasurabaya.net, Kamis (29/1/2015).

Pantauan suarasurabaya.net, di Klenteng Hong San Ko Tee, beberapa pekerja sedang membuat Kim Cua, sebagai satu diantara pelengkap persembahyangan umat saat merayakan Imlek nanti.

Sementara itu, persiapan juga tengah dilakukan beberapa pengurus Klenteng Boen Bio Jl. Kapasan, Surabaya, seiring dengan bakal digelarnya persembahyangan Imlek 2566 yang jatuh pada 19 Pebruari 2015 mendatang.

“Persiapan memang sudah kami lakukan untuk sembahyang Imlek nanti. Tapi yang lebih penting dari itu, memang pertemuan antara pengurus klenteng lebih dulu dilakukan. Untuk menentukan kegiatan selanjutnya dalam rangka Imlek 2566 nanti,” ujar Irwan satu diantara pengurus Klenteng Boen Bio, Kamis (29/1/2015).(tok/rst)

Teks foto:
– Siapkan Kim Cua untuk persembahyangan umat.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs