Minggu, 21 April 2024

Upacara Sederhana Tandai HUT ke 70 tahun Korps Marinir

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prajurit Marinir ikuti upacara HUT ke 70 tahun Korps Marinir. Foto: Dispen Kormar.

Wakil Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Bambang Sutrisno, M. Tr (Han) memimpin upacara peringatan HUT ke 70 Korps Marinir di Bhumi Marinir Karangpilang.

Kegiatan yang dilaksanakan secara sederhana tersebut diikuti prajurit dari Pasmar-1, Kolatmar, Lanmar Surabaya dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Marinir Wilayah Timur.

Upacara peringatan HUT ke 70 Korps Marinir dengan Komandan Upacara Mayor Marinir Hendro itu diawali dengan pembacaan sejarah terbentuknya Korps Marinir TNI AL, Dharma Bakti dan pengucapan Sapta Marga oleh Letda Marinir Akhmad Irfan.

Usai pengucapan Sapta Marga, dilanjutkan dengan pembacaan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P. oleh Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Bambang Sutrisno, M. Tr (Han).

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Inspektur Upacara, Kasal mengatakan, selama kurun waktu pengabdian 70 tahun, Korps Marinir selalu berupaya untuk menjadi kekuatan strategis yang dapat diandalkan oleh negara untuk menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kewibawaan bangsa. Hingga detik ini, Korps Marinir telah memberi harga mati dan jawaban pasti untuk selalu siap menghadapi setiap pihak yang ingin merongrong kedaulatan dan keutuhan NKRI.

“Berbagai penugasan telah kalian laksanakan dengan baik, kalian selalu ikut ambil bagian dalam tugas misi perdamaian di beberapa negara yang sedang mengalami konflik, begitu pula dalam penugasan di dalam negeri, kalian selalu hadir dan memberikan kontribusi positif,” tegas orang nomor satu di TNI Angkatan Laut itu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa bebrapa waktu yang lalu, prestasi yang sangat membanggakan telah ditunjukkan prajurit Korps Marinir dalam pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan penerbangan pesawat Air Asia, dengan tekad pantang menyerah, bekerja tanpa mengenal lelah, sampai akhirnya menemukan dan mengevakuasi korban, bekerja sama dengan komponen SAR lainnya.

Selain itu juga masih banyak kegiatan yang dilaksanakan prajurit Korps Marinir diantaranya satgas bantuan kemanusiaan pemadaman kebakaran hutan, gerakan Save Our Littoral life, pengibaran bendera merah putih di puncak Cartensz pegunungan Jayawijaya, Papua dan prajurit Korps Marinir meraih predikat juara umum dalam penilaian parade dan defile pada upacara peringatan HUT ke 70 TNI di Cilegon, Banten.

“Dengan melihat kiprah Korps Marinir selama ini yang secara total mengabdi kepada negara, maka secara objektis dapat saya katakan bahwa kalian adalah salah satu kesatuan terbaik di Republik ini, yang mampu merajut persatuan dan kesatuan seluruh komponen bangsa sehingga Kuat bersama rakyat dan berkarakter maritim,” tegas Kasal.

Dengan keberhasilan dan prestasi tersebut, Kasal mengharapkan agar tidak menjadikan lupa diri dan tinggi hati, namun semakin mawas diri dan memahami sejauh mana tugas serta kewajiban yang harus dilaksanakan.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P. atas nama pribadi dan seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, seperti dilansir dalam siaran persnya untuk suarasurabaya.net, mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh keluarga besar Korps Marinir dimanapun berada dan bertugas.(tok/dop/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
27o
Kurs