Senin, 6 Mei 2024

Usulan Gus Dur Pahlawan Sudah Lengkap

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi

Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim mengatakan, syarat pemberian gelar pahlawan untuk KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sudah lengkap dan tinggal menunggu keputusan pemerintah pusat.

“Sudah tiga tahun yang lalu kita proses. Saya bahkan mengikuti proses itu. Mulai pertemuan di Jombang, pertemuan di Surabaya, mengundang tim gelar pahlawan juga,” ujarnya di kantor PWNU Jatim, Senin (9/11/2015).

Gus Ipul menjelaskan, usulan Gus Dur menjadi pahlawan nasional sudah ada sejak 2011. Prosesnya, mulai seminar di tingkat kabupaten kemudian Provinsi sudah dilakukan.

“Masukan dari berbagai pihak kita proses di Provinsi dan kita usulkan ke Pusat,” katanya.

Menurut Gus Ipul, seluruh proses persyaratan sudah lengkap dan sudah dikirim ke pusat, tinggal Presiden menyetujui.

“Mungkin saat itu ada pertimbangan politis. Untuk saat ini, saya tidak tahu sampai kapan diendapkan. Memang dulu masih butuh waktu yang tepat,” katanya.

Gus Ipul mengatakan, syarat usulan pengajuan pahlawan adalah usulan dari bawah, yang diperkuat dengan seminar mendatangkan sejarawan dan pakar, kemudian naik ke tingkat Provinsi.

“Warga NU sudah ingin sejak tahun kemarin. Karena ini usulan dari Jawa Timur, sekarang tinggal di pemerintah pusatnya,” katanya.(bid/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs