Jumat, 29 Maret 2024

Veteran Persenjatai Pejabat Pemkot di Surabaya Juang

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Hartoyik (berkacamata). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Parade Surabaya Juang 2015 sebagai rangkaian peringatan Hari Pahlawan 10 November, akan dimulai pukul 14.00 WIB di depan Hotel Majapahit, Surabaya (dulu Hotel Yamato,red).

Rangkaian acara ini dilakukan dengan long march dari Tugu Pahlawan menuju Taman Surya Pemkot Surabaya.

Dalam upacara seremonial di depan Hotel Majapahit nanti, ada penyerahan senjata dari Legiun Veteran Republik Indonesia Kota Surabaya, kepada para pejabat Pemkot Surabaya dan Muspimda untuk dibawa ke Taman Surya.

Hartoyik Ketua LVRI Surabaya mengatakan, penyerahan senjata ini bentuk memberikan gambaran untuk generasi sekarang bahwa betapa beratnya perjuangan merebut kemerdekan dulu.

“Muspida akan dipersenjatai, supaya mereka tahu berapa kilo beratnya senjata ini. Kalau dari Hotel Yamato sampai Taman Surya berjalan memegang senjata ini, bagaimana rasanya. Mereka biar ikut merasakan,” katanya kepada suarasurabaya.net Minggu (8/11/2015).

Senjata yang diserahkan nanti, kata Hartoyik, merupakan senjata yang dulu dipakai para pejuang 45 dalam merebut kemerdekaan. “Beratnya beragam, ada ada yang 5 kilogram sampai 8 kilogram,” katanya.

Pantauan suarasurabaya.net, saat ini para tentara veteran tengah bersiap gladi bersih di bawah komando Hartoyik berada di sisi selatan jalan tunjungan depan Hotel Majapahit.

Sementara lalu lintas, belum ada penutupan di Jalan Tunjungan. Menurut pihak kepolisian, lalul intas baru ditutup saat rombongan parade long march sudah mulai masuk ke Jalan Tunjungan sebentar lagi.

Lalu lintas di sekirat Tunjungan sudah mulai merambat, termasuk di Jalan Basuki Rahmad karena banyak masyarakat yang berbondong-bondong memadati jalan Tunjungan untuk menyaksikan parade ini. (bid/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs