Sabtu, 18 Mei 2024

Waspada, Di Musim Kemarau, Anak-anak Rentan Ispa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Keceriaan anak-anak. Foto: libregraphics.asia

Kemarau tahun ini yang diperkirakan akan berlangsung lebih panjang dibanding tahun-tahun sebelumnya, mengharuskan masyarakat lebih mempersiapkan diri. Anak-anak rentan terserang infeksi saluran pernapasan atas (Ispa).

“Cuaca yang panas disertai dengan debu. Ini sangat membahayakan untuk saluran pernapasan. Terutama pada anak-anak, rentan terserang Ispa. Orang tua wajib waspada,” terang dr. Irma Lestari Paramestuty SpA., MBiomed.

Menurut Irma anak-anak menjadi rentan oleh karena pada cuaca kemarau atau panas terik seperti yang terjadi saat ini, ketika anak punya aktivitas yang tinggi, maka banyak cairan yang dikeluarkan tubuh dalam bentuk keringat.

Dan untuk menggantikannya dibutuhkan cairan tubuh yang cukup banyak, agar cairan tetap tersedia. “Anak akan butuh banyak minum. Tapi patut diawasi karena minumnya tidak bisa sembarangan,” kata Irma pada suarasurabaya.net, Senin (14/9/2015).

Kalau sembarangan mengkonsumsi air, lanjut Irma dengan hanya berasumsi untuk mengurangi rasa haus, maka anak akan rawan mengalami ispa.

“Sebaiknya memang diberikan asupan air yang bersih. Air hangat juga boleh. Jangan sembarangan memberikan air, justru bisa berakibat ispa,” kata Irma yang bertugas di bagian anak-anak di RKZ Surabaya ini.

Oleh karena itu, kemarau seperti saat ini, orang tua memang wajib memperhatikan asupan makanan dan kebutuhan air utuk putera-puterinya. “Terutama air bagi pencegahan kekurangan cairan,” tukas Irma.(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs