Minggu, 12 Mei 2024

Waspada Pergantian Cuaca Ekstrem Saat Long Weekend

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Masyarakat diimbau waspada dengan pergantian cuaca secara ekstrem dengan durasi singkat selama long weekend mulai Jumat (3/4/2015).

Bambang Setiajid Kasie Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengatakan, di masa transisi atau pancaroba ini pola hujannya bergeser dan banyak terjadi pada malam sampai pagi hari.

“Namun intensitas hujannya ringan saja dan hanya sebentar,” kata Bambang saat dihubungi suarasurabaya.net.

Selain itu, kata Bambang, yang perlu diwaspadai hujan yang disertai dengan angin puting beliung. Fenomena ini banyak terjadi di daerah pesisir dan pegunungan.

Untuk daerah-daerah wisata, kata dia, juga berpeluang diguyur hujan saat long weekend. Misalnya Lamongan, Malang, Batu, Banyuwangi dan Pacitan.

Sementara untuk penyeberangan menuju daerah-daerah wisata, lanjut dia, terpantau kondusif. Termasuk ketinggian gelombang di laut yang tidak melebihi 2 meter.

“Masyarakat yang akan berwisata tidak perlu khawatir karena hujan tidak akan terjadi sepanjang hari. Tapi stamina yang perlu disiapkan karena perubahan cuaca ekstrem dari hujan menjadi panas,” ujar dia. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
29o
Kurs