Minggu, 21 Juli 2024

Wisatawan Asal Swiss Meninggal Usai Mendaki Ijen

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Johan Joseph Brunner (68), wisatawan mancanegara asal Swiss, meninggal dunia usai mendaki kawah Gunung Ijen yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso-Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (1/9/2015).

Pujiadi, Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Banyuwangi, membenarkan adanya turis asing yang meninggal, namun wisatawan asal Swiss itu meninggal saat perjalanan dari Paltuding menuju ke rumah sakit.

“Berdasarkan keterangan pemandu wisatanya, korban bersama istrinya baru mendaki sejauh 1,2 kilometer dari Pos Paltuding dan belum sampai ke kawah,” tuturnya saat dihubungi Antara di Banyuwangi.

Menurutnya, korban mengeluh sesak napas dan meminta untuk turun kembali ke Paltuding, kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat dan di sana sudah meninggal dunia.

“Kami tidak tahu pasti penyebab meninggalnya turis asal Switzerland, namun menurut keterangan pemandu wisata, korban sempat mengeluh sesak napas,” katanya.

Pujiadi mengatakan pihak BKSDA tetap membuka jalur pendakian ke gunung yang memiliki ketinggian 2.368 mdpl karena pendakian ke Kawah Ijen dinyatakan aman dan meninggalnya wisatawan asal Swiss tersebut tidak berkaitan dengan faktor alam Kawah Ijen.

Sementara Joko Suprayitno sopir mobil yang membawa korban mengatakan Brunner meninggal dunia di tengah perjalanan saat mendaki ke Gunung Ijen dari Pos Paltuding di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

“Saat turun ke Paltuding, korban dibawa dengan menggunakan trully belerang dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Islam. Saat diperiksa, korban sudah meninggal dunia,” tuturnya.

Ia menjelaskan korban bersama Brunner Thoma Marlise (63) istrinya mendaki Gunung Ijen pada Selasa dini hari yang dipandu dengan dengan pemandu wisata bernama Pak Nik.

“Setelah satu jam perjalanan menuju kawah, korban dan istrinya bersama dengan pemandu turun kembali ke Paltuding dengan alasan kabut. Korban juga diduga jatuh dan meninggal di lokasi kejadian,” paparnya.

Jenazah Johan Joseph Brunner saat ini berada di persemayaman Yayasan Klenteng Hoo Tong Bio dan rencananya akan dikremasi, namun kabarnya masih menunggu anak korban di Swiss.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
29o
Kurs