Jumat, 29 Maret 2024

Pemkot: Wahana Permainan di Mal Tak Kalah Dibandingkan TRS

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Niat Pemerintah Kota Surabaya menutup Taman Remaja Surabaya (TRS) sepertinya sudah bulat. Kontribusi Taman Remaja sebagai wahana permainan masyarakat Surabaya dianggap bisa segera tergantikan oleh wahana permainan yang ada di Mal.

Wiwik Widayati Kepala Dinas Pariwisata Kota Surabaya tidak berkomentar banyak mengenai kontribusi TRS selama ini terhadap pariwisata Surabaya. Ia justru mengatakan tentang banyak wahana permainan serupa TRS di Mal-Mal yang ada di Surabaya.

“Sudah banyak, ya, Mal-Mal di Surabaya yang memunyai permainan yang sama seperti di TRS,” ujarnya kepada suarasurabaya.net di Kantor Sekretaris Kota Surabaya, Kamis (30/4/2015).

Padahal Taman Remaja Surabaya adalah wahana permainan masyarakat Kota Surabaya yang telah berdiri sejak tahun 1970. Mengenai hal tersebut, Wiwik hanya menjawab bahwa dia tidak bisa berkomentar mengenai TRS. “Soal TRS bisa ditanyakan di bidang Aset, saat ini saya tidak bisa berkomentar,” katanya.

Taman Remaja Surabaya rencananya akan ditutup oleh Pemkot karena besaran dividen yang didapatkan oleh Pemkot tidak sebanding dengan nilai aset tanah milik Pemkot Surabaya. Dampaknya, meski telah terjadi pembaruan kontrak antara Pemkot Surabaya dengan PT Star sebagai pengelola hingga 2026, namun sertifikat Hak Guna Bangunan tidak segera dikeluarkan sejak 2006 lalu.

PT Star sebagai pengelola TRS dibentuk oleh Pemkot Surabaya bersama Far East Organization, perusahaan properti swasta asal Singapura pemilik saham terbesar TRS. Perusahaan pengelola objek wisata itu pun tidak berani berinvestasi dengan nilai miliaran karena terganjal status sertifikat HGB yang telah kadaluarsa. Akibatnya, tidak banyak pembaruan permainan di TRS dari tahun ke tahun dan membuat jumlah pengunjung terus merosot.

Sementara, pada kesempatan yang sama Wiwik mengatakan bahwa Pemkot Surabaya terus melakukan upaya pengembangan objek wisata di Surabaya. Beberapa yang sedang menjadi perhatian Pemkot adalah Wisata Pantai seperti Kenjeran dan Wisata Pasar Tradisional seperti Pasar Pabean. (den/dop)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs