Selasa, 7 Mei 2024

12 Jalur Utama Jatim Ini Masih Menjadi Pusat Kemacetan saat Arus Mudik

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Macet setelah exit Tol Pandaan ke arah Lawang. Foto: Netter Suara Surabaya

Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur memetakan 12 jalur rawan macet masih akan menggangu kelancaran mudik lebaran tahun 2016 ini.

“Jalurnya masih sama, sehingga masyarakat tetap harus mewaspadai 12 jalur ini,” kata Sumarsono, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub dan LLAJ Jawa Timur, Rabu (8/6/2016).

Ke-12 lokasi rawan macet ini menyebar di berbagai wilayah baik di jalur Madura, jalur tengah dan jalur timur Jawa Timur. Anehnya, di Jawa Timur jalur Pantura ternyata bukan penyebab utama wilayah kemacetan.

Untuk di Madura, lokasi yang selalu menjadi langganan macet adalah di Pasar Tanah Merah dan Pasar Blegah, Kabupaten Bangkalan.

Sedangkan untuk jalur tengah adalah di Simpang Medaeng-Kletek Sidoarjo. Sementara untuk Malang Raya, lokasi rawan macet di antaranya terjadi di sepanjang Pandaan-Purwosari-Lawang-Singosari-Malang-Kepanjen.

Di jalur Pasuruan hingga Probolinggo jalur rawan macet masih di sekitar Nguling khususnya di Pasar Ranuyoso. Sementara jalur dari Jombang hingga Ngawi, jalur yang harus diwaspadai adalah di simpang 3 Mengkreng dan jalur Guyangan-Bagor-Saradan-Caruban.

“Kami akan siapkan jalur-jalur alternatif sehingga kemacetan tidak terlalu parah,” kata Sumarsono.

Selain jalur alternatif, rambu lalu dan penerangan jalan juga akan diperbanyak. Personel juga akan disiagakan 24 jam di jalur rawan ini. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs