Minggu, 19 Mei 2024

16 Masalah Perkotaan Akan Dibahas di Hari Kedua Prepcom3 UN Habitat III

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya bersama para delegasi Prepcom3 UN Habitat III saat malam gala dinner di Balaikota Surabaya. Foto: dok/ Brury suarasurabaya.net

Hari kedua pelaksanaan Prepcom3 UN Habitat III atau konferensi perkotaan yang digelar di Grand City Surabaya, Selasa (26/7/2016) masih akan melanjutkan pembahasan beberapa masalah perkotaan.

Dari agenda yang ada, untuk hari kedua ini setidaknya akan ada 16 masalah yang akan dipresentasikan dan dibahasa oleh para delegasi.

Beberepa masalah yang akan dibahas diantaranya mengenai inklusif cities dimana topik yang akan disajikan adalah bagaimana peran kota agar tidak meninggalkan warganya dan tidak ada ruang belakang di kota inklusif ini.

Selain itu, dalam konferensi di hari kedua ini juga akan dibahas mengenai kasus khusus untuk kota-kota di Amerika Latin. Kota-kota kecil dan pemukiman kumuh juga masih akan dibahas di hari kedua ini. Dimana fokus pembahasan akan dilakukan untuk saling bertukar pengalaman diantara para delegasi.

Para peserta konferensi di hari kedua juga akan mencoba untuk merumuskan alat ukur untuk new urban agenda yang telah mereka canangkan. Menuju kota hak asasi juga masih menjadi bagian penting yang akan dibahas di konferensi hari kedua ini.

Agenda Prepcom3 di hari kedua ini rencananya akan dimulai tepat pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB nanti. Tempat pembahasan aneka agenda juga masih akan dilakukan di exhibition hall Grand City Surabaya.

Sementara itu, selain membahas masalah kota, di sela-sela konferensi para peserta juga akan diajak kunjungan lapangan. Diantaranya akan mengunjungi Rusunawa Grudo dan kampung Genteng Candirejo. Beberapa festival juga masih akan digelar untuk menyemarakkan Prepcom3 UN Habitat III. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
25o
Kurs