Sabtu, 20 April 2024

20 Ribu Personel Siap Menjaga Perayaan Natal di Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Pasukan Brimob khusus gas air mata disiapkan untuk antisipasi kerusuhan. Foto : Faiz/Dok. suarasurabaya.net

Sehari menjelang Hari Raya Natal, aparat kepolisian sudah siap melakukan pengamanan di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam menjalankan Operasi Lilin yang berdurasi 10 hari, mulai 23 Desember 2016 sampai 1 Januari 2017, Polri akan dibantu TNI, Kementerian, Pemda dan unsur masyarakat.

Khusus untuk mengamankan Jakarta, Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan Kapolda Metro Jaya mengatakan, ada sekitar 20 ribu personel yang disiagakan.

Pihak Polri juga, sudah melakukan koordinasi dengan pimpinan gereja di ibu kota, untuk menentukan sistem pengamanan yang efektif.

Menurut Kombes Martinus Sitompul Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, anggotanya akan memeriksa seluruh jemaat dan tamu yang mau masuk ke gereja.

Hal itu dilakukan untuk menghadirkan rasa aman bagi Umat Kristiani, yang akan menjalankan ibadah Natal.

“Kalau nanti ada penggeledahan atau pemeriksaan, itu adalah upaya memastikan tidak ada ancaman, dan kegiatan ibadah Natal bisa berlangsung lancar,” ujarnya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Pemeriksaan, lanjut Martin, sudah dikomunikasikan dengan pemimpin gereja. Jadi, semua pihak diharapkan bersedia diperiksa, demi keamanan bersama.

Selain Polri, TNI dan Satpol PP, Barisan Ansor Serbaguna (Banser), juga akan menjaga keamanan perayaan Natal dan malam pergantian tahun 2017.

Organisasi sayap Nahdatlul Ulama itu, sudah menyiapkan sekitar 300 anggotanya, untuk mengamankan rangkaian perayaan Natal di Jakarta. (rid/bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs