Senin, 22 Juli 2024

73 Tewas Diseruduk Truk di Prancis

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi Serangan teror truk di Nice, Prancis. Foto: Reuters

Sedikitnya 73 orang tewas dan banyak orang lagi cedera saat truk menyeruduk kerumunan orang di Nice, Prancis Selatan, demikian laporan saluran televisi lokal pada Jumat (15/7/2016) pagi waktu setempat, dengan mengutip jaksa di Nice.

Pada tahap ini, “kami tak bisa menggambarkan kondisi ini sebagai serangan, tapi banyak unsur menyatakan begitu,” kata BFMTV dengan mengutip Jean-Michel Pretre seperti dilansir Antara.

Pada pukul 22.30 Kamis waktu setempat, satu truk yang dikemudikan dengan kecepatan tinggi menyeruduk kerumunan orang yang berkumpul untuk menyaksikan kembang api untuk memperingati 14 Juli Hari Nasional Prancis, tulis Christian Estrosi, Presiden Wilayah Provence-Alpes-Cote dAzur, di akun Twitternya.

Estrosi menggambarkan peristiwa tersebut sebagai “drama terburuk dalam sejarah Nice”, demikian laporan Xinhua, Jumat (15/7/2016) pagi.

BFMTV mengatakan truk itu “melakukan perjalanan sejauh dua kilometer dan menabrak kerumunan orang”.

Pengemudi truk itu, yang sebelumnya digambarkan oleh Prefektur Alpes-Maritimes sebagai “serangan”, dilumpuhkan dan penyelidikan dilancarkan untuk memastikan apakah ia bertindak sendirian, kata Kementerian Dalam Negeri.

Presiden Prancis Francois Hollande, yang berada di Avignon, kembali ke Paris tempat ia secara langsung akan pergi ke unit krisis di Kementerian Dalam Negeri, kata Elysee.

Bernard Cazeneuve Menteri Dalam Negeri dijadwalkan tiba di Nice dalam beberapa jam, kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Pierre-Henry Brandet. Ia menambahkan, tak ada peristiwa penyanderaan. (ant/dwi)

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
24o
Kurs