Minggu, 26 Mei 2024

Agen Ingin Kebiasaan Berkendara Warga Kampung Berubah

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Para Agen Honda Savety Riding Kelana Kampoeng Suroboyo mendapat instruksi berkendara di lapangan Honda Safety Riding Center, Sabtu (30/7/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Agus Susanto anggota Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Kebonsari Jambangan yang menjadi agen termotivasi untuk mengubah kebiasaan berkendara warga di RT 11 RW 1 Kelurahan Kebonsari, Jambangan.

“Masih banyak anak-anak SD maupun SMP yang berkendara tidak memakai helm. Alasannya, halah cuma dekat situ saja,” katanya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (30/7/2016).

Jamarianto Sekretaris Rukun Warga (RW) 2 Jambangan yang menjadi agen savety riding mengatakan kampungnya mengikuti program supaya warga lebih sadar keselamatan berkendara.

Menurutnya, masih banyak warga yang kurang mempedulikan keselamatan berkendara. “Yang banyak itu anak muda, yang berkendara tanpa menggunakan helm,” ujarnya.

Dia mengatakan, akan menerapkan hasil pelatihan ini di kampungnya dengan cara mengadakan lomba yang berkaitan safety riding saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

“Karena dari sini ternyata banyak pengetahuan berkendara yang memang belum kami ketahui. Ini harus dikenalkan kepada warga lainnya,” kata Jamarianto.

Setelah mendapat pelatihan dari trainer safety riding MPM Honda, mereka mulai mempraktikkan pengetahuan itu di Savety Riding Center, Sedati, Sidoarjo.

Di lapangan, trainer juga memberikan pelatihan lanjutan. Pertama mengenalkan perlengkapan berkendara (riding gear), kemudian pelajaran memarkir kendaraan.

Dimas Satria Trainer MPM Honda menyebutkan, untuk memarkir kendaraan ada teknik untuk masing-masing standar. Ada standar samping dan standar tengah.

Selanjutnya, para agen juga dikenalkan posisi berkendara (postur riding) yang benar saat mengendarai kendaraan roda dua.

Para agent ini akan membawa misi keselamatan berkendara ke kampung masing-masing, agar warga tergerak untuk aktif mengkampanyekan safety riding.

Perlu diketahui, Honda Safety Riding Kelana Kampoeng Suroboyo ini adalah acara yang digelar Suara Surabaya Media bekerjasama dengan Polrestabes Surabaya, dan Pemerintah Kota Surabaya.

Program yang didukung MPM Honda ini bertujuan mengajak warga Surabaya, agar turut aktif mengampanyekan keselamatan berkendara.(den/tok)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
32o
Kurs