Rabu, 8 Mei 2024

Anak-anak Autis Punya Talenta dan Layak Hidup Bahagia

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Salah satu anak berkebutuhan khusus autis menampilkan talenta bernyanyi di atas panggung WFA di Balai Kota Surabaya, Sabtu (21/5/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Ada sebanyak 1.500 anak berkebutuhan khusus (ABK) autis mengikuti ajang Walk for Autism (WFA) di Balai Kota Surabaya, Sabtu (21/5/2016).

Mereka berjalan bersama 4.000 orang peserta, yang terdiri dari masyarakat Kota Surabaya dan berkeliling Taman Surya.

Margaret Srijaya Wakil Ketua Panitia WFA mengatakan, selain berjalan bersama anak-anak autis, ada lomba mewarnai yang diikuti 1.200 orang anak-anak autis.

“Mereka ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena itu kami mengadakan acara ini, agar masyarakat Surabaya mendapat informasi yang benar mengenai mereka,” ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Margaret mengatakan, dari tahun ke tahun jumlah anak penyandang autis ini semakin banyak. Karenanya, perlu ada pendampingan dari masyarakat.

“Sebab mereka ini juga bertalenta. Mereka mempunyai kelebihan dan layak untuk hidup bahagia,” katanya.

Walk For Autism memang baru pertama kali diadakan di Surabaya. Margaret berharap rangkaian acara dengan tujuan yang sama bisa terus berkelanjutan di Surabaya.

“Masyarakat perlu mempelajari bagaimana seharusnya bersikap menghadapi mereka. Karena saat dewasa, anak-anak ini sebenarnya juga bisa bekerja sebagaimana orang lainnya,” katanya.

Margaret mencontohkan, banyak bidang yang sanggup dikuasai oleh anak-anak ini ketika dewasa. Salah satunya di bidang administrasi.(den/ipg)

Teks Foto:
– Para pegiat Yayasan Advokasi Sadar Autism (ASA) menyempurnakan lukisan-lukisan abstrak bertema autism dalam ajang Walk for Autism di Balai Kota Surabaya, Sabtu (21/5/2016).
Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs