Selasa, 23 April 2024

Antisipasi Banjir Sampang, Jatim akan Revitalisasi Sungai Kemuning

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Jalan Panglima Sudirman Sampang terendam banjir, Minggu (25/9/2016). Foto: ‎Rizal Umar Rahmadani‎ via e100

Pemerintah Jawa Timur siapkan anggaran Rp200 miliar guna menanggulangi banjir tahunan di Sampang, Madura. Anggara sebesar ini disiapkan untuk pembebasan lahan guna memperlebar Sungai Kemuning, serta pembelian beberapa pompa air.

“Tahun depan sudah dianggarkan khusus banjir Sampang ini SKPD terkait sudah menganggarkan Rp200 miliar,” kata Sudharmawan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Senin (26/9/2016).

Menurut Sudharmawan, banjir yang kali ini terjadi di Sampang masih sama dengan banjir yang beberapa waktu lalu menerjang Sampang yaitu imbas dari meluapnya Sungai Kemuning.

Sungai Kemuning sendiri merupakan sebuah sungai yang membelah Kota Sampang dan bermuara di laut. “Penyebabnya selalu saja hujan lebat dan air laut sedang pasang sehingga air tidak bisa mengalir ke laut,” kata Sudharmawan.

Pantauan BPBD Jawa Timur, banjir di Sampang saat ini sudah mulai surut dan hanya di beberapa wilayah saja yang masih tergenang air.

“Banjir kali ini tidak separah pada Februari lalu. Saat itu ketinggian gelombang laut 1-2 meter, tapi saat ini ketinggian gelombang laut hanya 0,5 meter,” ujar Sudharmawan. (fik/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs