Senin, 6 Mei 2024

Arus Balik Libur Tahun Baru, Malang-Surabaya Macet Sejak Pagi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kondisi kemacetan di depan Pasar Lawang pada pukul 17.00 WIB. Foto : Arthanda via e100

Kemacetan terjadi pada arus balik menuju Kota Surabaya pada akhir libur panjang Tahun Baru, terutama jalur Surabaya arah Malang maupun sebaliknya, Sabtu (2/1/2015). Bahkan kemacetan terjadi sejak pagi hari.

AKP Hendro Gunawan Kasatlantas Polres Kabupaten Pasuruan mengatakan, untuk mengurangi kepadatan, jalur Surabaya arah Malang di-contraflow mulai di depan Easterntex selama 15 menit. “Kendaraan yang akan masuk Tol Pandaan dari arah Malang, silahkan ambil lajur contraflow,” katanya.

Para pendengar Radio Suara Surabaya, netter e100 dan @e100ss melaporkan, sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, beberapa titik di jalur Surabaya-Malang yang mengalami kemacetan adalah Lawang-Singosari, Exit Tol Pandaan, Flyover Lawang-Singosari, Sukorejo-Malang, Kebun Raya Purwodadi-Lawang dan sebelum SPBU Bypass Pandaan-Malang.

Kemacetan jalur Surabaya-Malang terus berlanjut hingga siang hari. Sejak pukul 11.30 WIB sampai 14.00 WIB, titik yang mengalami kemacetan adalah simpang empat Pandaan-Taman Dayu; Exit Tol Pandaan; Batu, Purwosari, Bypass Pandaan, Lawang dan Purwodadi arah Malang. Kemacetan di Lawang juga diperparah dengan turunnya hujan.

Sekitar pukul 15.00 WIB, beberapa jalur yang mengalami kemacetan adalah Suwayuwo-Singosari, depan Taman Safari Prigen-Surabaya, Batu-Selecta macet di depan Pandanrejo, dan Pendem-Batu.

Jalur Surabaya-Malang terus mengalami kemacetan hingga sekitar pukul 17.30 WIB. Titik yang mengalami kepadatan adalah Layang Arjosari-Layang Lawang, Exit Tol Pandaan sampai Sukorejo, Pacet macet dua arah, Jalan Ahmad Yani, Jalan R Panji Suroso Malang, Kota Batu macet total sampai simpang tiga Pendem; di depan Pasar Lawang dan simpang empat Kepuharjo Karang Ploso-Surabaya.

Pada pukul 18.30 WIB, Exit Tol Kejapanan-Surabaya sudah padat. Ekor kepadatan Taman Dayu sudah sampai seratus meter sebelum perlintasan kereta api Sukorejo. Arus lalu lintas setelah turun Layang Arjosari-Lawang dan Pujon-Kediri juga sudah padat.

Tak hanya jalur dari Malang ke Surabaya, kemacetan juga terjadi di dalam Kota Surabaya yaitu di Joyoboyo arah Kebun Binatang Surabaya dan Ahmad Yani arah Wonokromo. Wilayah lain yang juga terpantau padat adalah Pacet, simpang tiga Mojosari, Paciran-Wisata Bahari Lamongan dan Kraton-Bangil. Di Bypass Krian-Jombang, Kraton-Bangil, Exit Tol Manyar-Bungah dan Legundi-Bypass Krian juga terpantau adanya kemacetan. (iss/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs