Minggu, 28 November 2021

Astronot AS Pensiun Setelah Jalankan Misi Luar Angkasa Terlama

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Scott Kelly astronot Amerika Serikat. Foto: NASA

Scott Kelly, astronot yang memecahkan rekor misi luar angkasa terlama Amerika, akan pensiun dari NASA pada 1 April 2016.

Kelly dan kosmonot Rusia Mikhail Kornienko kembali ke Bumi pada pekan lalu setelah hampir satu tahun menghabiskan waktu di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Misi terlama sepanjang sejarah AS itu ditujukan untuk membuka jalan bagi kemungkinan perjalanan manusia ke Mars.

NASA mengatakan bahwa, setelah pensiun, Kelly (52 tahun) akan tetap bekerja untuk penelitian yang masih berjalan dan terkait dengan keberadaannya dulu di luar angkasa.

Saudara kembar Kelly, Mark Kelly yang juga mantan astronot NASA, ikut ambil bagian dalam serangkaian penelitian terkait untuk menemukan kemungkinan perubahan genetik yang disebabkan radiasi tinggi dan lingkungan luar angkasa yang tanpa bobot.

“Misi di luar angkasa tahun ini merupakan tantangan besar bagi semua pihak yang terlibat dan ini memberikan sebuah sudut pandang unik bagi saya serta banyak waktu untuk memikirkan langkah apa berikutnya yang harus dilakukan bagi perjalanan kita kemudian dalam membantu kemampuan kita pada masa depan di luar angkasa dan di Bumi,” kata Scott Kelly dalam sebuah pernyataan dari NASA seperti dikutip Antara, Sabtu (12/3/2016).

Scott Kelly sudah empat kali terbang ke luar angkasa, mulai dalam perjalanan dengan pesawat ulang-alik Discovery hingga misi Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA pada 1999, kata NASA.

Kelly, yang sebelumnya menghabiskan waktu 159 hari di stasiun luar angkasa, mengatakan hal terberat saat berada di luar angkasa dalam waktu demikian lama adalah ia harus terpisah dari teman-teman dan keluarganya.

Misi terakhir Kelly selama 340 hari melampau penerbangan luar angkasa terlama AS sebelumnya, yaitu 215 hari, yang dijalani oleh mantan astronot Michael Lopez-Alegria di stasiun luar angkasa pada 2007.

“Rekor memang seharusnya bisa dipecahkan,” kata Kelly.

“Saya ingin melihat bahwa suatu waktu rekor-rekor ini juga bisa dilampaui.”(ant/dop)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 28 November 2021
24o
Kurs