Kamis, 2 Mei 2024

BKPM akan Bangun Akses Jalan di Kawasan JIIPE Manyar

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Franky Sibarani Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (kiri). Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan memberikan kemudahan layanan investasi kontruksi yang dikenal dengan sebutan KLIK di sekitar area Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Franky Sibarani Kepala BKPM mengatakan, kemudahan ini diharapkan mampu menarik investor untuk bergabung dan melakukan investasi khususnya di JIIPE. “Yang kita pikirkan sekarang ini adalah membangun insfrastruktur, mulai akses jalan utama ke lokasi Dermaga Pelabuhan, kemudian jalan tol untuk mempercepat ke lokasi. Sehingga investor banyak yang datang,” kata Franky Sibarani di sela meninjau lokasi Dermaga Pelabuhan Manyar, Sabtu (9/4/2016).

Akses jalan, kata Franky, sangat penting untuk menumbuhkan minat para invsestor. Apalagi, Gresik merupakan satu dari 14 wilayah yang ditetapkan sebagai kawasan Industri. “Targetnya Jawa Timur memberikan kontribusi sebesar 10,6 persen dalam memberikan investasi secara nasional di tahun 2015-2019,” ujarnya.

Menurut dia, dengan memberikan kontribusi 10,6 persen, Jawa Timur mampu menyumbang sebesar Rp374,2 triliun dalam kurun waktu lima tahun kedepen. “Jadi per tahunnya rata-rata kontribusi investasi Jawa Timur mencapai Rp74,8 triliuan,” kata alumni IPB itu.

Dia juga mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliki BKPM sudah ada 10 proyek yang masuk untuk melakukan investasi dengan nilai mencapai Rp8,85 triliun.

“Salah satunya adalah JIIPE yang sudah memberikan investasi senilai Rp11,7 triliun, terkait rencana pembangunan pembangkit listrik. Sedangkan 19 proyek investasi, saat ini masih dalam proses tender atau tahap permohonan perizinan,” ujarnya. (bry/iss/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs