Jumat, 17 Mei 2024

Banjir Kiriman Rendam Permukiman, Pasar dan Makam di Buduran

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Banjir luapan sungai akibat hujan intensitas tinggi menggenangi permukiman warga di Desa Buduran, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, hingga Senin (10/10/2016) siang. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Intensitas hujan tinggi, disertai air kiriman dari hulu, membuat beberapa sungai di Sidoarjo meluap. Salah satunya di Buduran, mengakibatkan permukiman, pasar, dan makam di Buduran terendam banjir, Senin (10/10/2016).

Air luapan Sungai Buduran ini meluap hingga ke Jalan Raya. Hingga Senin siang, air masih tampak menggenang, mengakibatkan padatnya antrean kendaraan setelah Jembatan Jenggala ke arah Surabaya.

Ivan Firnanda warga RT 9, RW 4, Desa Buduran, Kecamatan Buduran Sidoarjo mengatakan, rumah warga di RT 9 hingga RT 12, RW 4 seluruhnya terendam air. Ketinggian air mencapai paha orang dewasa.

“Memang setiap tahun banjir. Tapi ini yang paling parah,” ujar Ivan kepada suarasurabaya.net ketika ditemui di hilir sungai Buduran, dekat jembatan Jalan Raya Buduran.

Ivan berpendapat, saluran irigasi di sekitar jalan tersebut memang kurang. Selain itu, ketinggian air di Sungai Buduran, Senin siang, peres.

“Mungkin di Mojokerto hujan deras juga, airnya mengalir ke sini,” katanya.

AKP Baduwi Anggota Satlantas Polres Sidoarjo mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak Minggu sore hingga menjelang Senin pagi membuat air di sungai meluber.

Selain dari Sungai Buduran, luapan juga terjadi dari Sungai Sumber di Kecamatan yang sama. “Tapi memang yang paling parah, genangan air sampai sekarang belum surut, ya di sini,” ujarnya.

Pantauan suarasurabaya.net, hingga Senin siang, tidak hanya permukiman warga dan sebagian jalan raya yang tergenang luapan air sungai, tapi juga Pasar Buduran dan Makam Islam Desa Buduran.

Sementara itu Pemkab Sidoarjo mengklaim telah melakukan berbagai upaya pencegahan diantaranya menutup DAM Lengkong untuk menghindari luberan air dari lokasi yang lebih tinggi, ini seperti yang dikatakan Fathurohman Kepala DInas PU Pengairan Kabupaten Sidoarjo pada Radio Suara Surabaya.(den/rst)

Teks Foto:
Banjir juga merendam Makam Islam Desa Buduran, Kecamatan Buduran di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo, Senin (10/10/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs