Kamis, 16 Mei 2024

Banjir Lumpuhkan Sampang

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Banjir setinggi hampir 2 meter di Jalan Panglima Sudirman Gang III Sampang, Sabtu (27/2/2016) pukul 11.00 WIB. Foto: Rizal Umar Rahmadani via e100

Beberapa wilayah di Kabupaten Sampang, Madura, banjir dengan ketinggian air cukup tinggi, Sabtu (27/2/2016).

Beberapa netter E100 sejak Sabtu pagi telah membagikan foto-foto banjir dengan ketinggian mencapai leher orang dewasa, hingga hampir mencapai atap rumah. Satu diantaranya yang terjadi di Jalan Panglima Sudirman, Sampang.

Ahmad Fudin, warga asli Kabupaten Sampang yang tinggal di Perumtas 3 Blok L4 Nomor 9, Sidoarjo, sempat melaporkan bahwa kondisi air di tengah kota, terutama di Jalan Delima, masih terisolasi oleh air yang menurutnya semakin bertambah tinggi.

“Khususnya di wilayah Kecamatan Kota Sampang, alternatif jalan terminal sampai stadion ketinggiannya seleher orang dewasa. Di Jalan Delima, banyak yang mengungsi di atas genteng rumahnya, mohon bantuan untuk Kabupaten sekitar, untuk membantu petugas di Sampang, karena masih terisolasi,” katanya kepada Radio Suara Surabaya.

AKP Mala Darlius Nanda Kurniawan Kasatlantas Polres Sampang mengatakan, di tengah jalan alternatif banjir arus dari Surabaya di alihkan melalui Bangkalan, melewati Tanjung Bumi, Ketapang, arah ke Sukadana, lalu Pamekasan.

“Sekarang ini di Sampang macet total, sampai sekarang masih bajir. Sampang kota lumpuh total, sudah mulai melebar. Ketinggian di Sampang Kota lebih dari satu meter,” ujarnya.

Dia mengatakan, banjir juga menyebabkan Polsekta di Sampang tergenang. Fasilitas umum di sana juga turut tergenang. Demikian halnya jalur utama arah pamekasan yang lumpuh akibat banjir.

“Polsek-polsek yang tergenang. Polresta masih aman. Kawan-kawan BPBD sudah siaga semua dari kemarin. Karena akses masuk ke Sampang lumpuh, kendaraan sudah diarahkan lewat utara. Rambu peringatan juga sudah terpasang,” katanya.

Sementara, Radio Karimata Pamekasan melaporkan, tadi sore hujan kembali turun. Debit luapan air Sungai Kemuning di Sampang kembali meningkat. Padahal, banjir masih menggenangi Kota Sampang.

Banjir, dilaporkan oleh Radio Jaring Suara Surabaya tersebut sudah mencapai ketinggian 2 meter. Petugas gabungan dari kepolisian, BPBD, bersama relawan mulai mengevakuasi warga yang terjebak banjir. (den/tok)

Teks Foto:
– Banjir di Kawasan Jalan Mawar, Sampang, Madura, Sabtu (27/2/2016) pagi. Foto: Sipol via E100

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs