Jumat, 17 Mei 2024

Banjir Surut, Rel KA di Perlintasan Porong Diuji Coba

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Petugas PT KA Daop 8 Surabaya siapkan uji coba perlintasan setelah banjir mulai surut. Foto: Totok suarasurabaya.net

Uji coba rel kereta api di perlintasan Porong, Rabu (17/2/2016) dilakukan uji coba untuk dilintasi lantaran ketinggian air banjir yang menggenangi kawasan itu mulai surut.

Uji coba dilakukan dengan kereta barang yang dibiarkan melintasi kawasan tersebut. Jika memang sudah aman dan tidak terkendala, maka perlintasan Porong akan segera dibuka kembali setelah beberapa waktu ditutup.

Suprapto Manajer Humas PT KA Daop 8 Surabaya kepada suarasurabaya.net menyampaikan, uji coba tersebut nantinya akan menjadi referensi apakah perlintasan Porong masih layak dilintasi atau tidak pasca tergenang banjir.

“Ketinggian air memang sudah mulai surut. Memang masih ada, tetapi jauh lebih berkurang dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya yang ketinggian airnya mendekati 1 meter. Uji coba akan kami lakukan,” kata Suprapto.

Sebelumnya, lanjut Suprapto pihaknya menempatkan puluhan meter kubik batu untuk bagian rel kereta api yang tergenang air banjir. Itu dilakukan agar rel kereta api tidak sampai terganggu dan tidka dapat dilintasi setelah banjir surut.

Batu-batu yang menjadi bagian dari balas kricak tersebut, seharusnya memang mampu menahan ketinggian air banjir. “Tapi banjirnya kemarin itu tinggi sekali. batu-batu yang berada dibagian rel melorot turun,” ujar Suprapto.

Sementara itu, dari hasil uji coba yang dilakukan hari ini, PT KA Daop 8 Surabaya akan segera melakukan analisa apakah rel kereta api perlintasan Porong sudha bisa dilintasi kembali atau tidak.

“Jika ketinggian air sudah dibawah rata-rata aman, maka tidak ada alasan bagi kami untuk tidak membuka kembali rel kereta api perlintasan Porong tersebut,” kata Suprapto.(tok/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
31o
Kurs