Rabu, 17 April 2024

Banjir Tewaskan 200 Hewan di Taman Nasional Kaziranga India

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Sebanyak 200 hewan liar mati akibat banjir yang merendam Taman Nasional Kaziranga di Negara Bagian Assam, wilayah timur-laut India. Foto: beritasatu.com

Sebanyak 200 hewan liar mati akibat banjir yang merendam Taman Nasional Kaziranga di Negara Bagian Assam, wilayah timur-laut India, kata beberapa pejabat.

“Bangkai 13 badak telah ditemukan sejauh ini di Kaziranga. Lebih dari 152 rusa juga mati akibat banjir,” kata Subhasis Das, Petugas Divisi Taman di Taman Nasional Kaziranga kepada media pada Senin (1/8/2016) seperti dilansir Antara.

Menurut para pejabat suaka alam, 12 rusa mati akibat kendaraan yang ngebut selama banjir di jalan raya nasional.

Negara Bagian Assam dilanda banjir besar pekan lalu, sehingga memengaruhi lebih dari 1,8 juta orang di 22 distrik di negeri itu, kata Xinhua.

Air merendam banyak bagian Taman Nasional Kaziranga dan Suaka Alam Pobitora.

Para pejabat mengatakan, banyak hewan liar termasuk gajah terlihat sedang berenang dan berjuang mencapai dataran tinggi di Taman Nasional Kaziranga.

Namun sebagian dari hewan tersebut tak berhasil dan hanyut. Lebih dari 80 persen kawasan taman nasional itu direndam air.

Menurut laporan, lebih dari 100 hewan liar termasuk sembilan badak diselamatkan oleh petugas kehutanan dan warga setempat.

Pemerintah menyatakan banjir di Negara Bagian Assam dipicu oleh “curah hujan yang tak pernah terjadi sebelumnya” tahun ini.

Banjir itu telah merenggut 28 nyawa di negara bagian tersebut sejak 17 Juli dan memaksa ribuan orang berlindung di kamp penampungan.

Para pejabat mengatakan situasi telah mulai membaik dengan surutnya air di beberapa sungai di negara bagian itu.

Warga telah mulai kembali ke rumah mereka dari tempat penampungan. Banjir adalah peristiwa tahunan di Negara Bagian Assam, terutama selama musim penghujan. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs