Jumat, 17 Mei 2024

Bantuan untuk Garut Hasil Posko Peduli Bencana Baru Dikirim Pekan Depan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Soemarno Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas) Surabaya mengatakan, sudah ada sekitar Rp4 juta donasi berupa uang dari masyarakat Kota Surabaya yang diterima di Posko Peduli Bencana Garut, di Balai Kota Surabaya, Sabtu (24/9/2016).

“Selain uang, jumlah yang banyak pakaian dari warga. Kami membuka posko ini dari pagi, jam 08.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB,” ujarnya.

Posko Peduli Bencana Garut ini, kata Soemarno, telah dibuka sejak Kamis (22/9/2016) lalu. Jumlah donasi yang ada, kata Soemarno, akan meningkat terus hingga pekan mendatang.

“Karena ini instruksi dari wali kota belum masuk ke dinas-dinas. Ke Instansi sekolah, puskesmas. Baru minggu depan, jadi akan lebih banyak lagi,” katanya.

Adapun proses distribusi bantuan ini, menurut Sumarno, tetap harus diantarkan ke lokasi. Setelah kamis lalu bantuan Pemkot diantarkan ke Garut, rencananya bantuan dari Posko akan dikirimkan ke Sumedang minggu depan.

“Perjalanannya cukup jauh, sampai tiga hari dua malam. Petugas saya yang berangkat ke sana Kamis, baru datang tadi siang jam 11.00 WIB. Kalau bantuan uang, memang melalui transfer ke posko BPBD di sana,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya telah menyumbangkan sejumlah Rp90 juta bantuan untuk korban banjir Garut beserta bantuan berupa barang-barang kebutuhan dan pakaian.

“Sekarang ini, proses evakuasi sudah selesai. Tinggal proses rekonstruksi. 18 pasukan gabungan yang kami kirimkan ke sana dianggap sudah cukup. Tapi kalau memang dibutuhkan untuk proses rekonstruksi, ya kita berangkatkan lagi,” ujarnya.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
33o
Kurs