Sabtu, 4 Mei 2024

Banyuwangi Akan Punya Wisata Marina Berkelas Internasional

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kawasan Boom Marina Banyuwangi dikebut pembangunannya, Selasa (22/11/2016). Foto : Abidin suarasurabaya.net

Pelindo Properti Indonesia (PPI) menargetkan Boom Marina Banyuwangi bisa beroperasi penuh sebagai pusat wisata kelas internasional pada 2020.

Tim Suara Surabaya Media dalam kunjungan profesional ke Kabupaten Banyuwangi sempat mampir ke kawasan Boom Marina Banyuwangi, yang tengah digarap oleh anak perusahaan PT Pelindo III ini.

Marina bertaraf internasional tersebut, nantinya akan menjadi destinasi wisata bahari yang terintegrasi antara Banyuwangi, Bali, dan Labuan Bajo. Nilai investasinya ditaksir mencapai Rp720 miliar, dengan luas tanah 48,5 hektare.

Nurilma Septanti Supervisor Marketing PPI untuk pengembangan Boom Marina Banyuwangi mengatakan, saat ini pembangunan sudah 10 persen mulai pemetaan lokasi. Untuk pembangunan dinding penahan tanah, pembuatan alur masuk kolam marina, pendalaman kolam marina, pembangunan hotel dan resort akan dikerjakan kemudian.

“Hadirnya Boom Marina Banyuwangi kami harapkan juga berdampak pada penduduk yang mayoritas nelayan. Kami juga kerjasama dengan kementerian perikanan,” ujarnya.

Nurilma mengatakan, jika Boom Marina Banyuwangi jadi kawasan wisata, maka para wisatawan bisa mencari oleh-oleh yang diolah langsung oleh nelayan. Di kawasan ini juga akan dibangunkan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

“Selain itu, harapan kami ada pusat souvernir dan pusat perikanan di sini,” katanya.

Yang membedakan dengan pusat wisata di Bali, Banyuwangi mampu menghadirkan wisata bahari yang lebih berbeda. Boom Marina Banyuwangi ini nantinya akan terintegrasi dan akan mengundang banyak wisatawan asing untuk melihat keindahan Banyuwangi.

“Banyuwangi punya Blue Fire di kawah Ijen, ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Islandia dan Banyuwangi. Kemudian Pantai Plengkung yang ombaknya terbesar, bagus untuk surfing. Kami yakin bisa setara dengan Bali,” katanya. (bid/tit/ipg)

Teks Foto :
– Errol Jonathans CEO Suara Surabaya Media memberikan cindera mata kepada Pelindo III Cabang Tanjungwangi, Selasa (22/11/2016).
Foto : Abidin suarasurabaya.net

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs