Jumat, 3 Mei 2024

Basarnas Fokus Pencarian Korban di Reruntuhan Bangunan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Rapat kerja dengan Komisi V di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Kamis (8/12/2016). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Badan SAR Nasional (Basarnas) terus melakukan pencarian korban gempa Aceh sampai hari kedua gempa Aceh. Mayjend TNI Heronimus Guru Deputi Bidang Operasi SAR Basarnas mengatakan, pencarian terutama di tempat yang diduga masih banyak korban.

“Kita terus melakukan pencarian terutama daerah-daerah yang diduga banyak korban, yaitu ada rumah tiga tingkat yang rencananya akan dilakukan sebuah acara. Kemarin sudah dievakuasi dari reruntuhan bangunan ini sekitar 22 orang. Nah ini kami terus melakukan pemantauan dan pencarian, pendeteksian terhadap hawa-hawa panas yang ada di dalam, sehingga kalau ada, kami akan langsung melakukan pencarian,” ujar Heronimus dalam rapat kerja dengan Komisi V di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Kamis (8/12/2016).

Dia menjelaskan, dalam penanganan gempa di Aceh, Basarnas mendapat laporan dan selalu bekerja sama, karena pada kondisi seperti ini Basarnas sebagai salah satu cluster yang bertugas membantu pelaksanaan pencarian pertolongan di lapangan.

“Memang seluruh kekuatan yang ada dari kami yaitu 113 personil baik dari Banda Aceh, Medan maupun dari Jambi maupun dari kantor pusat,” kata dia.

Menurut Heronimus, dengan sarana prasarana yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan tugas di lapangan, sejauh ini sudah banyak yang diselamatkan. Tercatat luka-luka 752 orang, dan meninggal 102 orang.(faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs