Rabu, 1 Mei 2024

Beauty of in Product Pameran Sekaligus Ajang Pembuktian

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Karya-karya yang dipamerkan dalam Beauty of in Product jadi ajang pembuktian. Foto: Totok suarasurabaya.net

Anggota muda UKM CiPhoc Unitomo Surabaya nekad berpameran justru ketika mereka dianggap tidak memiliki keterampilan fotografi sehingga pameran ini jadi ajang pembuktian.

Pameran foto produk Beauty of in Product karya mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa Communication Photography Club (UKM CiPhoc) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, menjadi pembuktian keterampilan dibidang fotografi.

“Ini pameran foto bertema produk yang pertama kali. Sebelum pameran, dua minggu lalu mahasiswa UKM CiPhoc mendapat materi teori dan praktek foto produk. Sekaligus ini pembuktian anggota muda UKM CiPhoc,” ujar Ridho Fikri, ketua pelaksana pameran, Rabu (12/10/2016).

Paling tidak pengakuan bahwa karya para anggota muda ini layak dipamerkan datang dari berbagai pihak, termasuk dari para senior UKM CiPhoc yang pada awalnya justru menganggap minim kemampuan dan keterampilan kepada para anggota muda.

Ridho mengakui, pada awalnya pameran yang dijadwalkan digelar hingga 14 Oktober 2016 ini nyaris tidak jadi dihelat, lantaran pesertanya tidak punya keberanian dan rasa percaya diri untuk memamerkan karya-karyanya sendiri.

“Mereka tidak percaya diri untuk memamerkan karya mereka sendiri. Justru ini yang jadi persoalan. Para anggota baru ini kurang percaya diri menampilkan foto-foto mereka. Bahkan itu sekitar dua pekan menjelang hari H pameran,” papar Ridho.

Namun diluar dugaan, justru pada detik-detik terakhir para anggota muda UKM CiPhoc Unitomo Surabaya, memberanikan diri untuk berpameran. “Foto dicetak Senin (10/10) malam. Kemudian proses penataan dan setting lokasi pameran, dikerjakan bersama-sama dan rampung,” sambung Ridho.

Sementara itu, disampaikan Patrik Cahyo Lumintu anggota muda UKM CiPhoc Unitomo Surabaya, mengaku bangga dan senang mendapat kesempatan ikut memarkan karya-karyanya dan mendapat pengakuan dari para seniornya.

“Dengan teknik tertentu karya yang saya buat sepertinya mendekati nyata. Padahal ini karena teknik pengambilannya saja yang memang pas, dan hasilnya sangat bagus. Meskipun harus mengulang sampai 10 kali,” kata Patrik.

Mulyanto Wakil Rektor Unitomo Surabaya berharap dari pameran yang digelar para anggota muda UKM CiPhoc ini nantinya akan tumbuh kompetisi yang menguntungkan dan saling mendukung antara anggota senior dan anggota muda.

“Semoga pameran ini langkah awal munculnya fotografer-fotografer handal. Karena pada faktanya banyak anggota UKM ini yang sekarang bekerja pada kantor-kantor berita ternama di Indonesia. Langkah ini harus berlanjut,” terang Mulyanto pada suarasurabaya.net.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs