Selasa, 7 Mei 2024

Beberapa Hal yang Harus Dilakukan dalam Mendidik Anak

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Prof Dr Warsono MS Rektor Unesa saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Standar Pendidikan Anak Usia Dini Sekarang dan Nanti, di Unesa, Sabtu (14/5/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Prof Dr Warsono MS, Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengakui, mendidik anak-anak di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) lebih susah daripada mendidik mahasiswa.

“Penanaman nilai-nilai keilmuan itu kepada anak-anak itu lebih susah dengan mengajar mahasiswa,” ujarnya kepada ratusan guru PAUD dalam Seminar Nasional Standar Pendidikan Anak Usia Dini Sekarang dan Nanti, di Unesa, Sabtu (14/5/2016).

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu dikenalkan dan diajarkan kepada anak-anak usia di dini. Yang pertama, kata Warsono, jauhkan ketakutan atas beberapa hal.

“Jauhkan dari anak rasa takut salah dan rasa takut bertanya. Dua hal ini akan menentukan keilmuan mereka kelak,” katanya.

Selain itu, dalam mendidik anak, jauhkan kata perintah saat meminta mereka melakukan sesuatu.

“Gantilah dengan mengajak mereka melakukan sesuatu. Gunakan kalimat ajakan, bukan kalimat perintah,” ujarnya.

Larangan kepada anak juga akan menjadikan anak-anak takut. Karena menurut Warsono, kalimat larangan akan tertanam dalam pola pikir mereka dan membatasi daya kreativitas mereka.

“Bertanyalah, kenapa dia melakukan hal itu. Ini akan mengasah keilmuan mereka, karena dengan pertanyaan, ilmu pengetahuan itu dapat dipahami,” ujarnya.(den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs