Rabu, 8 Mei 2024

Belum Ada Konfirmasi Penganugerahan Pahlawan Nasional Untuk Soeharto dan Gusdur

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi

Khofifah Indar Parwansa Menteri Sosial mengatakan, sampai hari ini belum ada konfirmasi dari Jokowi Presiden tentang penganugrahan gelar pahlawan nasional untuk Soeharto Presiden ke-2 RI dan KH Abdurrahman Wahid Presiden ke-4, disetujui atau akan dipending lagi.

Pada hari pahlawan tahun lalu dua tokoh nasional itu oleh dewan gelar sudah diusulkan kepada Presiden untuk ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

“Namun karena alasan kondisi saat itu, penganugerahan pahlawan nasional untuk Soeharto dan Abdurrahman Wahid ditangguhkan,” kata Khofifah di Jakarta, Minggu (6/11/2016).

Oleh karena itu, kata dia, usulan terkait penganugerahan gelar pahlawan nasional ini diingatkan kembali karena membutuhkan kepastian.

“Intinya kita sudah menyurat kembali pada dewan gelar untuk mengingatkan kembali kalau dulu pernah ada keputusan ada nama-nama yang diendapkan menunggu saat yang akan ditentukan. Karena kewenangannya ada di dewan gelar dan Presiden,” ujar dia..

Sementara itu, Yenny Wahid putri sulung Abdurrahman Wahid saat dikonfirmasi tentang gelar pahlawan untuk ayahnya, menjawab melalui pesan singkat kalau pahlawan sejati tidak pernah berpikir akan mendapat apa di akhir perjuangannya. (jos/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs