Kamis, 25 April 2024

Boyong Jazz Ke Kampus, Buktikan Jazz Musik Universal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Cicilia satu diantara vokalis band kampus yang memeriahkan Roadshow Jazz to Campus. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menikmati musik jazz tidak identik dengan umur yang tua. Karena musik jazz sejatinya adalah musik universal yang boleh dinikmati dan dimainkan seluruh kalangan usia.

Dari pentas Roadshow Jazz to Campus 2016, Rabu (21/9/2016) dikampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, terbersit bahwa musik jazz sejatinya tidak identik dengan umur yang tua. Musik jazz adalah musik yang universal yang dapat dinikmati oleh semua umur.

“Justru itulah mengapa kemudian musik jazz ini kami bawa ke kampus, dan kali ini ke kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Menikmati musik jazz tidak identik dengan umur yang tua. Karena musik ini sangat universal dan dapat dimainkan oleh siapa saja,” terang FX Boy koordinator Jazz to Campus 2016.

Dengan komposisi-komposisi sederhana, lanjut Boy, musik jazz dapat dinikmati tanpa harus berpikir keras untuk memahami atau mengerti. “Ikuti saja iramanya. Tidak perlu harus mengernyitkan dahi,” kata Boy.

Beberapa komposisi jazz mengiringi kegiatan yang sejatinya tidak melulu memperdengarkan musik dengan irama jazz semata tetapi lebih pada sebuah pagelaran yang mengedukasi penontonnya terkait dengan sejarah hadirnya musik jazz didunia.

Komposisi dengan irama rigtime, swiing, blues hingga disco dimainkan Surabaya All Stars yang tak lain adalah kelompok musik jazz dengan personil sejumlah pentolan musisi jazz kota Surabaya.

“Surabaya All Stars juga bukan kelompok band kemarin sore. Mereka sengaja kami hadirkan ke kampus UKWMS ini agar mahasiswa tahu ada kelompok band asal Surabaya yang bagus dan memainkan jazz dengan sangat kental, ini perlu diketahui generasi muda,” tambah Boy.

Sementara itu, disampaikan Noveina S Dugis., Sie Acara History of Jazz bahwa universitas sangat menyambut baik kegiatan semacam ini karena memberikan nilai lebih dan nilai tambah bagi mahasiswa terkait dengan pengetahuan tentang sejarah musik.

“UKWMS tentu menyambut baik kegiatan ini karena tidak hanya mengenai hura-hura tetapi juga ada sisi edukasi dari Kang Beben dan menunjukkan bahwa jazz tidak hanya musik bagi orang tua. Ini sangat menarik bagi mahasiswa,” papar Noveina S Dugis saat ditemui suarasurabaya.net.

Selain mengusung Surabaya All Stars, kegiatan Road Jazz to Campus; History of Jazz juga menghadirkan Ivan Saba serta beberapa band kampus dan vokalis dari beberapa jurusan di UKWMS.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs