Selasa, 16 April 2024

Calon Komisioner KPID akan Ikuti Debat Publik Terbuka

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Calon komisioner KPID Jawa Timur jalani tes tulis di Kampus C Unair Surabaya, Selasa (23/8/2016). Foto : Taufik / Dok suarasurabaya.net

Para calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur akan segera memasuki tahap debat publik. Debat terbuka untuk umum ini, sedianya akan digelar pada 20 dan 21 September 2016 mendatang.

“Tes tulis dan tes psikologi sudah selesai sehiingga para calon komisioner yang lolos akan segera mengikuti debat publik,” kata Suko Widodo, Ketua Tim Seleksi calon Komisioner KPID Jawa Timur ketika berbincang dengan suarasurabaya.net, Jumat (15/9/2016).

Menurut Suko Widodo, debat publik akan digelar dengan cara masing-masing peserta akan mempresentasikan visi dan misinya ketika menjadi Komisioner KPID. Selanjutnya, peserta akan diberikan sejumlah pertanyaan dari para penguji yang telah ditunjuk oleh tim seleksi. Selain itu, publik yang hadir dalam acara itu juga diberikan kesempatan untuk melontarkan pertanyaan.

Para penguji sendiri, akan dipilihan mereka yang ahli dibidang penyiaran dan berlatar belakang akademisi, tokoh masyarakat serta profesional.

Dari 24 kandidat yang akan mengikuti debat publik ini, nantinya akan dipilih 21 orang yang akan diserahkan kepada komisi A DPRD Jawa Timur untuk selanjutnya mengikuti fit and proper test atau uji kelayaan dan kepatutan.

Hasil dari uji kelayaan di komisi A DPRD Jawa Timur ini selanjutnya akan memilih 7 orang komisioner dan 7 orang cadangan.

Sementara itu, sejak dibuka pendaftaran calon Komisioner KPID setidaknya terdapat 138 orang yang mendaftar. Setelah dilakukan proses seleksi administrasi diketahui ada 79 orang yang lolos. Kemudian setelah dilakukan tes tulis hasilnya hanya 40 orang yang lolos.

Lantas saat tes psikologi menghasilkan 24 orang yang dinyatakan lolos dan berhak untuk mengikuti debat publik. (fik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs