Sabtu, 11 Mei 2024

Daging Kurban Sapi Presiden Dibagikan ke Warga Pagesangan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat membagikan hewan kurban kepada warga Pagesangan Surabaya. Foto : Humas Pemprov Jatim

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur membagikan sebanyak 650 bungkus daging dari sapi kurban milik Joko Widodo Presiden yang dikurbankan di Masjid Al-Akbar Surabaya. Pembagian daging kurban presiden kali ini dilakukan secara simbolik di Kantor Kelurahan Pagesangan Surabaya, Selasa (13/9/2016).

“Masjid Al Akbar memang baru hari ini melakukan penyembelihan dan ini langsung kita jemput bola dengan membagikan langsung kurban Pak Presiden ke masyarakat,” kata Gus Ipul.

Usai secara simbolik menyerahkan daging kurban di kantor kelurahan, Gus Ipul juga menyempatkan diri untuk memberikan secara lansung hewan kurban tersebut ke rumah warga yang ada di kawasan Jalan Pagesangan III, Surabaya.

Menurut dia, pembagian langsung di lapangan dengan mendatangi rumah warga juga dilakukan untuk menghindari penumpukan maupun kericuhan akibat pembagian daging kurban.

“Membagikan langsung juga bagian dari bentuk penghargaan bagi yang berhak dan ini harusnya juga dilakukan oleh instansi pembagi kurban. Kalau model kupon biasanya malah ricuh,” ujarnya.

Sementara itu, panitia Idul Adha Masjid Al-Akbar hari ini memotong 23 ekor sapi (9 ekor sapi di antaranya dibagikan ke 9 masjid lain) serta 70 ekor kambing yang dagingnya dibagikan kepada ribuan masyarakat di sejumlah lokasi.

“Totalnya sekitar 2.000 bungkus yang setiap bungkusnya 1,5 kilogram. Proses pembagian sudah didata sebelumnya dan tidak ada pembagian di masjid,” kata Endro Siswantoro, Direktur Utama Masjid Al-Akbar Surabaya.

Sapi kurban dari Joko Widodo Presiden untuk Masjid Al-Akbar kali ini seberat 1,1 ton jenis sapi peranakan ongole yang dibeli dari peternak di Panceng, Gresik, Jawa Timur. (fik/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
30o
Kurs