Senin, 29 April 2024

Dampak Badai Tokage, Cuaca Ekstrim akan Landa Sebagian Wilayah Selama Sepekan

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Ilustrasi. cuaca ekstrim di Surabaya yang terjadi pada 30 April 2016, menyebabkan angin puting beliung. Foto : /Dok Dwi Putra netter via e100

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan peningkatan potensi hujan lebat akan terjadi hingga tanggal 1 Desember 2016. Peningkatan ini merupakan dampak dari siklon tropis “Tokage” di Laut Cina Selatan, sebelah barat Filipina.

“Dari pantauan kondisi atmosfer saat ini, terdapat siklon tropis Tokage di Laut Cina Selatan sebelah barat Filipina. Beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat berdurasi cukup lama disertai kilat atau petir dan angin kencang, akan terjadi di sekitar wilayah Indonesia dalam periode 1 minggu kedepan,” kata Yunus S. Swarinoto Deputi Bidang Meteorologi dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (26/11/2016).

Beberapa wilayah yang terdampak, yaitu Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat bagian barat dan selatan, Jawa Tengah bagian timur dan selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat bagian Barat.

Selain itu, beberapa wilayah lainnya yang terdapak, yaitu Kalimantan Barat bagian Barat dan Utara, Kalimantan Tengah bagian Utara, Kalimantan Timur bagia Utara, Kalimantan Utara, Maluku bagian Utara dan Tengah, Papua bagian Utara dan Tengah.

“Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin,” kata Yunus.

Yunus juga mengatakan, siklon tropis Tokage juga berdampak meningkatkan ketinggian gelombang laut antara 1.25-2.5 meter di wilayah Laut Cina Selatan sebelah utara wilayah Natuna. (tit/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs