Jumat, 19 April 2024

Danpasmar-1 Ikut Sembelih Ternak Qurban

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sapi untuk Idul Adha dilingkungan Pasmar-1. Foto: Dispen Kormar

Memperingati hari raya Idul Adha 1437 Hijriah/2016 Masehi, Pasmar-1 sembelih 3 Sapi dan 8 Kambing di Masjid Al Bahar Kesatrian Marinir Moekijat Mako Pasmar-1, Senin (12/9/2016).

Dalam penyerahan hewan qurban, Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) Danpasmar-1, menyerahkan secara simbolis 1 ekor sapi kepada Mayor Marinir Nanang A., Ketua Panitia Qurban yang sehari-hari menjabat sebagai Pasmin Denma Pasmar-1 di Masjid Al Bahar Mako Pasmar-1.

Selain menyerahkan hewan Qurban, Danpasmar-1 berkesempatan menyembelih hewan qurban yaitu 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Pada kesempatan tersebut, Danpasmar-1 menyampaikan ucapkan terimakasih kepada warga Pasmar-1 yang telah rela menyerahkan sebagian dari hartanya untuk melaksanakan perintah qurban yang diteladani dari peristiwa yang pernah dialami oleh Nabi Ibrahim AS terhadap putranya Nabi Ismail AS.

Menurutnya, Ibadah qurban merupakan kewajiban seluruh umat Islam bagi yang mampu, selain itu berqurban mempunyai makna dan hikmah yang dalam bagi kehidupan manusia, khususnya dalam menumbuhkan kepekaan jiwa sosial dan saling membantu antar sesama.

Sementara itu menurut Ketua Panitia penyembelihan hewan qurban menyampaikan, bahwa daging qurban ini akan disalurkan kepada Panti Asuhan di desa Semambung, Panti Asuhan R. Mulyadi Juanda, Panti Asuhan AR Rahman TWP Candi Sidoarjo, Panti Asuhan Auliya Gedangan Sidoarjo dan masyarakat sekitar masjid Al Bahar yang kurang mampu.

Dalam acara pemotongan hewan kurban tersebut, turut hadir Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto, Aspers Danpasmar-1 Letkol Marinir Mauriadi, Aslog Danpasmar-1 Letkol Marinir Budiarso, Asrena Danpasmar-1 Letkol Marinir Ruslan Arief, Dandenma Pasmar-1 Letkol Marinir Idi Rizaldi dan para Paban serta Pabandya Pasmar-1.

Selain penyembelihan hewan qurban di Masjid Al Bahar Mako Pasmar-1, juga dilaksanakan penyembelihan hewan qurban di Masjid Jannatin Kesatrian Marinir R. Suhadi Brigif-1 Mar yaitu 5 ekor sapi dan 6 eko kambing, di Masjid Al Huda Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang sebanyak 1 ekor sapi dan 12 ekor kambing serta di Masjid Al Kautsar Gunungsari sebanyak 8 ekor sapi dan 33 ekor kambing.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs