Kamis, 9 Mei 2024

Dikukuhkan Jadi Doktor, Sukardo Kaji Reformasi Birokrasi di Sidoarjo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sukardo ketika membacakan hasil disertasinya saat ujian Program Doktor Ilmu Administrasi di Untag Surabaya, Selasa (19/4/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Sukardo, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Timur dikukuhkan sebagai Doktor Ilmu Administrasi setelah lulus ujian disertasi di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Selasa (19/4/2016).

Sukardo dinyatakan lulus setelah membawakan disertasi berjudul “Reformasi Birokrasi Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Sidoarjo” dengan sang promotor disertasi adalah Prof. Dr Ujianto, MS.

Di depan tujuh penguji, Sukardo menegaskan bahwa hasil penelitian kali ini menemukan jika reformasi birokrasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo ternyata belum sesuai dengan harapan sehingga kinerja birokrasi dalam memberikan pelayanan publik belum maksimal.

“Tidak semua pegawai ternyata memiliki komitmen kuat untuk mendukung reformasi birokrasi di Pemkab Sidoarjo,” kata Sukardo, dihadapan tim penguji ketika mengikuti ujian di lantai sembilan Kampus Untag.

Menurut dia, masih lemahnya reformasi birokrasi di Sidoarjo terjadi karena reformasi birokrasi belum menyentuh secara mendasar pada budaya kerja.

Karenanya, dalam disertasi kali ini, dirinya merekomendasikan agar Badan Pelayanan Perijinan Terpadu di Sidoarjo bisa meleburkan atau digabung dengan Badan Penanaman Modal sehingga perizinan di Sidoarjo tidak tumpang tindih.

Sementara itu, selain diuji para guru besar dari Untag, dalam sidang terbuka pengukuhan doktor kali ini, beberapa undangan juga tampak ikut menguji disertasi yang disampaikan Sukardo.

Beberapa undangan yang ikut menguji diantaranya adalah pakar perburuhan dari Universitas Airlangga Dr. Hadi Subhan, SH, MH, CN; serta Freddy Poernomo S.H, M.H, Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs