Jumat, 24 Mei 2024

Dini Hari Nanti, Ratusan Anggota Gafatar asal Jatim Tiba di Juanda

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, ratusan mantan anggota Gafatar asal Jawa Timur, Jumat (22/1/2016) pukul 24.00 WIB malam ini akan tiba di Bandara Juanda Surabaya dengan menumpang tiga pesawat Lion Air.

“Ya nanti jam 00.00 WIB malam, ratusan mantan anggota Gafatar yang berasal dari Jawa Timur akan tiba di Juanda. Nanti saya juga akan ikut menjemput mereka,” kata Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sementara itu, pantauan suarasurabaya.net, informasi kedatangan para mantan anggota Gafatar ini sempat berubah-ubah. Awalnya, anggota Gafatar asal Jawa Timur ini akan diangkut dengan KRI Banten dan KRI Teluk Bone dan baru berangkat pada hari Sabtu (23/1/2016) besok.

Namun pada Jumat (22/1/2016) petang, Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial mengabarkan pada Shofwan, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jawa Timur jika mantan anggota Gafatar dari Jawa Timur akan diangkut menggunakan pesawat Hercules.

Tapi informasi terakhir, karena tak adanya kesepakatan antar pihak, akhirnya diputuskan untuk membawa ratusan mantan Gafatar ini dengan menggunakan pesawat Lion Air. Ratusan mantan anggota Gafatar ini sedianya akan berangkat dari Pontianak pukul 22.00 WITA atau 21.00 WIB.

Sementara itu, dari data yang ada, mantan anggota Gafatar asal Jawa Timur memang yang terbesar. Dari 1192 mantan anggota Gafatar yang kini ditampung di Bekang Kodam XII, tercatat ada 495 orang yang merupakan asal Jawa Timur.

Di Bekang Kodam XII ini merupakan mantan anggota Gafatar yang sebelumnya tersebar di Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sambas, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Kapuas hulu.

Sedangkan untuk yang berada di kompi 643 Wanara Sakti TNI AD atau yang awalnya berasal dari wilayah Kabupaten Kubu Raya, total anggota Gafatar dari Jawa Timur sebanyak 217 orang. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
32o
Kurs