Senin, 6 Mei 2024

Dinkes dan BBPOM Surabaya Bantah Peredaran Vaksin Palsu di Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Surabaya membantah kabar adanya peredaran vaksin palsu di Sarana Kesehatan di Surabaya.

Febria Rachmanita Kepala Dinkes Surabaya mengatakan, berdasarkan inspeksi ke sarana kesehatan yang ada di Surabaya, dia memastikan tidak ada vaksin palsu yang beredar di Surabaya.

“Kami sudah turun ke rumah sakit. Baik ke RS Pemerintah maupun RS Swasta tidak ada. Karena memang sumber yang resmi hanya dari kami (Dinkes),” ujarnya Rabu (13/7/2016).

Dia mengakui, ada beberapa RS Swasta yang tidak mengambil vaksin dari Dinkes. Namun, setelah petugas Dinkes melakukan pengecekan, sumber itu juga sumber yang legal.

“Ada beberapa, ambilnya dari sumber lain. Bukan dari kami. Tapi kami sudah mengecek kok, sumbernya juga legal,” katanya.

Perempuan yang biasa dipanggil Feny ini juga mengatakan, hasil sampling BBPOM di Surabaya juga sudah menyatakan tidak ditemukan keberadaan vaksin palsu.

Bareskrim Polri telah mengeluarkan statemen berdasarkan temuan BPOM RI bahwa ada peredaran vaksin palsu di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya di Surabaya.

I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa Kepala BBPOM Jawa Timur di Surabaya mengatakan masih melakukan penelusuran ke berbagai sarana kesehatan di Jawa Timur, termasuk di Surabaya.

Namun dia memastikan untuk sarana kesehatan pemerintah sudah clear. “Karena semua melalui Dinas Kesehatan. Kami selalu berkoordinasi kok, dengan Dinkes,” ujarnya.

Bagus menyatakan, masih akan melakukan penelusuran dan mengintensifkan pengawasan. Hingga hari ini, hasil sampling atas vaksin di Jatim tidak ada yang terbukti palsu.

“Kemarin di media juga tidak disebutkan dengan jelas, ya. Tempatnya di mana saja, karena masih penelusuran,” katanya.

BBPOM, dalam melakukan penelusuran, mengecek sumber pengadaan vaksin tersebut. Selain itu, pengecekan kemasan juga dilakukan. Terakhir, BBPOM melakukan sampling atas vaksin yang sudah terdistribusi di sarana kesehatan.(den/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs