Rabu, 15 Mei 2024

Dishub Siapkan Siola-Pasar Genteng Jadi Lokasi Parkir

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyiapkan gedung eks-Siola dan Pasar Genteng menjadi lokasi parkir bagi warga yang hendak berkunjung ke Jalan Tunjungan.

Irvan Wahyu Drajad Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kota Surabaya di Surabaya, Rabu (3/2/2016) mengatakan meski sudah ada rencana itu, namun gedung eks-Siola hanya mampu menampung sekitar 250-an kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Begitu pula dengan Pasar Genteng.

“Pengalaman sebelumnya ketika ada acara di Jalan Tunjungan, kedua lokasi parkir itu tidak mampu menampung kendaraan yang parkir. Ketika Jalan Tunjungan dihidupkan, maka kami menyediakan parkir di tepi jalan di Jalan Tunjungan,” katanya seperti dilansir Antara.

Irvan menambahkan, parkir di tepi jalan ini tidak di sepanjang Jalan Tunjungan, melainkan di area-area tertentu. Pihaknya mengakui dengan adanya parkir di tepi jalan ini mengurangi badan jalan.

Namun, pihaknya ingin agar warga lebih banyak memanfaatkan jalur pedestrian. Apalagi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan memperlebar jalur untuk pejalan kaki tersebut.

Nantinya, kata dia, jalur pedestrian akan diperlebar antara 5 hingga 10 meter. “Kami ingin tetap menghidupan suasana mlaku-mlaku nang Tunjungan dengan mengoptimalkan jalur pedestrian,” ujarnya.

Terkait konsep revitalitasi Jalan Tunjungan, lanjut dia, secara khusus digarap oleh Dinas Budaya dan Pariwisata (Disparta) Kota Surabaya, mulai dari jenis usaha yang akan dibangun di kawasan bersejarah tersebut.

Selain itu, lanjut dia, Disparta juga sudah mulai membongkar penutup muka (fasad) sejumlah bangunan di Jalan Tunjungan. “Kalau kewenangan kami dalam revitalisasi Jalan Tunjungan ini lebih pada bagaimana menyediakan lahan parkir yang memadai bagi pengunjung,” katanya. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
31o
Kurs